Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Kenali 9 Fakta Terkait Flu yang Mudah Menyerang Siapa Saja

SEBAGIAN besar orang pernah mengalami flu, setidaknya beberapa kali dalam hidup. Flu adalah salah satu kondisi paling umum di antara orang-orang dari segala usia dan jenis kelamin di seluruh dunia dan hal itu sesuai dengan namanya karena sangat ‘umum’.

Flu kerap mempengaruhi anak-anak daripada orang dewasa karena sistem kekebalan tubuh anak-anak relatif lebih lemah. Namun, hal itu juga dapat mempengaruhi orang dewasa yang sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Flu adalah gejala infeksi bakteri atau virus yang mempengaruhi tubuh dan biasanya disertai gejala lain seperti demam, batuk, sakit kepala, menggigil, dan sebagainya. Biasanya, bila terkena flu, dibutuhkan waktu yang lebih lama.

Bila terkena flu, aktivitas sehari-hari bisa menjadi sedikit sulit karena gejalanya bisa membuat seseorang mengalami ketidaknyamanan. Gejala pilek adalah sakit kepala, pilek, sulit bernafas, hidung gatal, sakit kepala, hidung tersumbat, dan kelelahan.

Nah, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang flu yang tidak Anda ketahui.

1. Efek Flu 
Penelitian umum yang dilakukan terhadap jumlah orang yang terkena flu mengindikasikan bahwa biasanya orang dewasa menderita flu 2-5 kali setahun, sedangkan anak-anak di bawah usia 12 tahun terkena flu sekitar 6-10 kali setahun.

2. Lansia Lebih Lama dan Lebih Sering
Orang yang berusia 60 tahun atau lebih tua bisa mengalami flu lebih lama dan lebih sering. Ini karena sistem kekebalan seseorang mulai memburuk setelah berusia 60 tahun. Jadi, penting untuk mengambil tindakan agar sistem kekebalan tubuh Anda lebih sehat untuk waktu yang lebih lama.

Baca juga:  4 Kiat Tidak Cepat Lapar Saat Puasa

3. Virus
Virus bertanggung jawab menyebabkan flu disebut ‘rhinovirus’. Virus ini telah ada di bumi sejak dahulu kala. ‘Rhinovirus’ diketahui memiliki kemampuan bertahan dalam kondisi cuaca dan geografi yang paling ekstrem, itulah sebabnya mereka bertahan lama dan membutuhkan waktu lama untuk mati di dalam tubuh manusia!

4. Rhinovirus 
Rhinovirus mampu bertahan di luar tubuh manusia selama 8 jam. Jadi, ketika seseorang menyentuh permukaan, di mana virus flu tersebut bertahan hidup, ada kemungkinan besar mereka segera terkena flu.
Rhinovirus dapat bertahan di permukaan seperti keyboard komputer, telepon, tombol lift, sakelar lampu, gerobak shopping mall, gulungan tisu toilet, dan sebagainya.

5. Kondisi Kesehatan 
Flu bukanlah kondisi yang mengancam jiwa dan merupakan salah satu penyakit paling kecil yang akan hilang dengan sendirinya. Jadi, orang tidak terlalu khawatir saat terkena flu. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, terutama pada anak-anak dan orang lanjut usia, flu biasa dapat berubah menjadi komplikasi kesehatan lainnya seperti pneumonia dan gangguan pernafasan lainnya, yang dapat mengancam jiwa.

6. Vitamin C 
Mengkonsumsi vitamin C saat terkena flu adalah cara terbaik untuk menyingkirkan virus flu dan mengobati kondisinya. Namun, penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi vitamin C saat kedinginan, mungkin tidak banyak membantu. Namun, mengonsumsi vitamin C di lain waktu, secara teratur, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah pilek biasa.

Baca juga:  Tanda-Tanda Anda Kelebihan Konsumsi Gula, Waspadai Sakit Kepala

7. Disebarkan lewat Air Liur 
Banyak pasangan menghindari berciuman atau bercinta saat salah satu pasangan terkena flu karena mengira virus tersebut bisa menyebar ke orang lain saat berciuman. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan virus flu ditransfer melalui air liur dan cairan genital saat melakukan hubungan intim, sangat rendah. Namun, virus flu tertentu bisa menyebar melalui kontak kulit ke kulit.

8. Bersin 
Satu bersin dari orang yang terinfeksi flu biasa melepaskan hingga 1.00.000 kuman ke udara! Dan beberapa dari kuman ini bisa menular dan ketika orang sehat bernafas di udara yang sama, sementara dia berada pada jarak yang dekat dengan orang yang terinfeksi, mereka juga bisa terpengaruh oleh kondisi tersebut.

9. Mencuci Tangan 
Menurut para ahli, salah satu cara paling efektif untuk mencegah flu, selain menjaga sistem kekebalan tubuh, mencuci tangan sesering mungkin, terutama sebelum makan bisa membantu mencegah flu . Ini karena tangan kita terus-menerus bersentuhan dengan permukaan yang memiliki virus flu.

(Sumber: Sindonews)

Tags: