Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Kenali 4 Manfaat Konsumsi Beras Merah

MENERAPKAN pola hidup sehat sebetulnya tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa memulai dengan menyeleksi menu makanan yang hendak disantap. Salah satu rekomendasinya adalah beras merah. Dibandingkan beras putih, beras merah dipercaya lebih sehat dan mengandung banyak nutrisi esensial yang baik untuk kesehatan.

Untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa manfaat beras merah bagi kesehatan, berikut Okezone rangkumkan ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Boldsky.

1 Mengontrol diabetes

Diabates adalah suatu penyakit di mana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah), atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Jika sudah demikian, kadar gula dalam tubuh akan naik dan menyebabkan sejumlah gejala yang tidak diinginkan. Menurut para ahli, beras merah kaya akan asam fitat dan serat yang diketahui dapat menurunkan kadar gula darah secara efektif. Dengan demikian, penyakit diabetes yang diidap pasien dapat terkendali dengan baik.

2. Membantu mengeluarkan racun dari tubuh

Semua orang menyadari berapa banyak racun yang masak ke dalam tubuh yang disebabkan oleh konsumsi makanan tidak sehat, polusi udara, kuman-kuman di sekitar, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan detoksifikasi secara internal agar terhindari dari penyakit berbahaya. Salah satu makanan yang dapat membantu Anda melakukan detoksifikasi adalah beras merah. Makanan ini dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan Anda secara alami, dengan cara mengeluarkan racun dari seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Baca juga:  Kantong Tipis Ingin Naik Pesawat Kelas Bisnis? Lakukan Trik Ini!

3. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Sebagian besar penyakit yang menyerang organ vital ini memang sangat berbahaya dan sangat sulit untuk diobati. Kandungan serat dan antioksidan dalam beras merah sangat ampuh untuk menhilangkan plak yang terakumulasi di dalam arteri. Tidak hanya itu, mengonsumsi beras merah secara rutin juga dapat membantu tubuh memastikan aliran darah sehat ke jantung, sehingga mencegah penyakit jantung.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Bagi orang-orang yang tingkat kesibukannya sangat tinggi, tentu akan sangat sulit mengikuti diet sehat. Alhasil, mereka akan mengonsumsi makanan tidak sehat terus-menerus yang akan memicu sejumlah penyakit pencernaan seperti gastritis, sembelit, kembung, asam lambung, dan masih banyak lagi. Beras merah yang kaya akan serat ternyata dapat membantu melancarkan pencernaan, melunakkan tinja, sehingga ampuh mengobati masalah pencernaan di atas.

(Sumber: Okezone)

Tags: