Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Kementerian Desa-Okezone Gelar Workshop Jurnalistik

JAKARTA- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan portal berita Okezone mengadakan workshop jurnalistik di Hotel A One, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2017).

Acara tersebut dihadiri Wakil Pemimpin Redaksi Okezone Fetra Malona Hariandja, Redaktur Pelaksana Okezone Amril Amrullah dan Hessy Trishandiani.

Workshop dipandu Dwinita Puspitasari dan diikuti sekira 30 peserta terdiri dari staf Kemendes, Direktorat Pengembangan Daerah Pulau Kecil dan Terluar (PDPKT), dan Direktorat Penanganan Daerah Rawan Pangan (PDRP).

Fetra dalam materi bertajuk ‘Media Masa Depan dan Kode Etik Jurnalistik’ menyampaikan perkembangan media online di Indonesia sangat pesat. Media daring merupakan media masa depan yang berpotensi mengalahkan media tradisional seperti cetak, radio, televisi.

Indonesia, kata dia, menjadi negara yang paling aktif beraktivitas di internet dan pengguna media sosial. Sarana telepon pintar atau smartphone jadi salah satu andalannya untuk mengakses berita di internet dan aktif media sosial.

“Internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat yang sulit lepas dari perkembangan teknologi modern,” kata Fetra, seperti dikutip dari Okezone.

Masyarakat dewasa ini biasa mengakses internet di mana saja. Namun, dalam sebuah survei menyebutkan bahwa 46% pengguna internet mengaksesnya di tempat tidur, 32% di toilet, dan 42% di transportasi umum seperti bus dan kereta api.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, media harus berlomba menyajikan konten-konten berkualitas dan beragam. Ia mencontohkan Okezone, media online milik MNC Group. Selain menjunjung kode etik jurnalistik dan pedoman media siber, Okezone juga terus memenuhi tuntutan pembaca era millennial dalam penyajiannya.

Baca juga:  Teriak Hingga Pingsan, Ada Apa di Penghuni Rumah Terakhir?

Misalnya menyajikan berita yang tidak sekadar teks saja, tapi juga melengkapi dengan foto, video, memberikan link dan tagging agar pembaca lebih mudah menemukan berita terkait. “Kita harus menerapkan media modern saat ini,” tambahnya.

Dalam situs Okezone, pembaca juga bisa mengakses gambar video atau siaran televisi milik MNC.

Setelah Fetra, giliran Amril Amrullah memberikan materi kedua mengenai Teknik Penulisan Jurnalistik dengan moderator Aryo Wicaksono. Kemudian sesi diakhiri pemateri Hessy Trishandiani.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1