Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Alya Nurshabrina: Emansipasi adalah Kebebasan

Foto: MNC Media

JAKARTA – Emansipasi adalah kebebasan dan itu sudah ada sebelum konsep maskulinitas dan feminitas muncul. Itulah yang pandangan yang disampaikan Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina, saat menghadiri pembukaan pameran lukisan dari maestro seni lukis Indonesia bertajuk ‘Emansipasi’, pada Senin 1 Maret 2019.

“Emansipasi adalah kebebasan dan ini sudah dimiliki manusia sejak lama. Dengan emansipasi ini, sebuah konsep dapat dimaknai dalam berbagai perspektif dan bagi saya seni muncul sebagai bentuk ekspresi dalam menyampaikan makna,” kata Alya dalam acara berlangsung di Institut Français d’ Indonesie (IFI), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Video: MNC Media

Alya melanjutkan, dirinya sangat kagum dengan para maestro Lima Bintang. “Salah satu yang menarik di pameran ini, yaitu seniman-senimannya, Lima Bintang, memiliki karakter sendiri-sendiri di setiap lukisannya,” ucap Alya.

Menurut dia, lima sosok ini mampu mengolah kepekaan mereka pada isu sosial yang kemudian mereka ekspresikan dalam bentuk seni. “Membahasakan sesuatu yang sulit dimengerti dengan seni adalah kecerdasan yang tak dimiliki banyak orang dan para maestro Lima Bintang memiliki hal itu,” singkatnya.

Alya juga mengaggumi karya-karya Ipong Purnama Sidhi, yang menurutnya memiliki kedekatan pola yang menyerupai dengan gaya melukis Alya. Pameran seni lukis Lima Bintang yang bertajuk ‘Emansipasi’ ini akan hadir setiap hari di IFI, Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sejak 1 April hingga 30 April 2019

Tags: