Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Kecanduan Smartphone, Anak Kesulitan Gunakan Pensil

JAKARTA – Tampak secara nyata bahwa teknologi membawa dampak signifikan bagi arah dan laju manusia. Bagi anak, efek sering bermain gadget ternyata cukup mencengangkan.

Berdasarkan penelitian yang dikeluarkan Heart of England Foundation NHS Trust, anak-anak yang kecanduan gadget ternyata banyak yang mengalami kesulitan memegang pensil.

Hal demikian terjadi karena kecanduan penggunaan ponsel dan tablet touchscreen mencegah otot jari anak-anak berkembang sehingga kesulitan memegang pensil dengan baik.

“Anak-anak tidak ke sekolah dengan kekuatan dan ketangkasan tangan yang mereka miliki 10 tahun yang lalu,” kata kepala terapis okupasi pediatrik di Heart of England Foundation NHS Trust, Sally Payne, seperti dikutip dari The New York Post dari The Guardian, Rabu (7/3).

Tak hanya itu, kecanduan gagdet, lanjutnya, juga membuat anak kesulitan mengembangkan keterampilan untuk mencengkeram dan memindahkan pensil yang biasa anak dapatkan dengan permainan tradisional.

“Lebih mudah memberi anak iPad daripada mendorong mereka untuk melakukan permainan membangun otot seperti membuat blok, memotong dan menempel, atau menarik mainan dan tali,”

“Karena ini, mereka tidak mengembangkan keterampilan dasar yang mereka butuhkan untuk mencengkeram dan memegang pensil,” terangnya.

Seperti dilansir iNews.id, The Guardian melaporkan, seorang anak laki-laki berusia enam tahun, Patrick, menerima terapi khusus untuk membantunya memperkuat jari telunjuknya supaya dia bisa memegang pensil pegangan yang benar

Baca juga:  5 Makanan Ajaib yang Hanya Ada di Indonesia

Ibunya laura mengaku menyesal mengesampingkan mainan tradisional dengan memberi Patrick teknologi untuk bermain. Dia menceritakan, ketika sampai disekolah, pihak sekolah menghubungi dirinya dengan keprihatinan mereka.

“Dia mencengkeram pensilnya seperti orang gua yang memegang tongkat. Dia tidak bisa menahannya dengan cara lain dan karenanya tidak bisa belajar menulis karena dia tidak bisa memindahkan pensil dengan akurasi apapun,” ungkap Laura.

Sumber: iNews.id

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1