Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Kapan Waktu Ideal Olahraga Saat Puasa?

JAKARTA – Puasa di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib bagi umat muslim di seluruh dunia. Dari pagi hingga petang, wajib pula menahan diri dari makan dan minum serta hal lain yang membatalkannya.

Nah, bagaimana jika ingin berolahraga namun tetap ingin memenuhi kewajiban beribadah puasa? Bagaimana memilih waktu yang tepat di antara sahur dan berbuka?

Juga, sebenarnya apa saja yang terjadi pada tubuh kita ketika sedang berpuasa. Dan, bagaimana pula memperhitungkan durasi dan tingkat intensitas olah fisik.

Tenang, karena pada kenyataannya Anda tetap bisa berolahraga meski sedang berpuasa dan kondisi tubuh tetap bugar. Dari berbagai hasil penelitian di bidang kesehatan, Anda tetap bisa berolahraga berat selama 72 jam berpuasa. Bahkan olahraga level sedang dapat dilakukan lebih lama. Kendati demikian, olahraga saat berpuasa sebaiknya dibatasi untuk menghindari dehidrasi.

Disarikan Okezone.com dari laman Life Strong, Kamis (17/5/2018), salah satu waktu terbaik untuk berolahraga saat sedang berpuasa adalah setelah sahur atau salat subuh. Sebab, saat itu tubuh masih dalam keadaan bugar dan bisa melakukan berbagai jenis kegiatan.

Tidak perlu terlalu berat, cukup melakukan peregangan dengan jogging atau sekadar sit up dan push up selama 15 menit. Udara di pagi hari yang masih segar juga sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh.

Namun, jika di pagi hari masih mengantuk, Anda masih punya pilihan alternatif lainnya yaitu Anda bisa melakukan olahraga satu jam sebelum berbuka puasa. Cukup lakukan yoga atau jogging selama 15 menit.

Baca juga:  Ini 3 Jurus Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Sedikit catatan, sangat disarankan untuk tidak memaksakan diri karena setelah seharian berpuasa, maka kadar gula dalam darah sudah menurun drastis. Pastikan kondisi tubuh fit agar tidak timbul masalah kesehatan lain.

Sampai di sini sudah sangat jelas bahwa kita bisa tetap berolahraga dengan menyesuaikan durasi, intensitas dan waktu. Untuk itu, jangan jadikan puasa sebagai alasan malas berolahraga. Justru olahraga saat berpuasa bisa membantu menjaga kebugaran sekaligus menurunkan berat badan.

Anda juga tetap bisa beraktivitas normal tanpa merasa kelelahan jika rutin berolahraga dan tentu diimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1