Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Jurus Jitu Belajar Gitar untuk Pemula

JAKARTA – Gitar merupakan salah satu alat musik yang populer dan banyak dimainkan. Coba saja perhatikan, bunyi senarnya menggema di mana-mana mulai dari dipinggir jalan, bis kota, tempat nongkrong, hingga panggung musik.

Di setiap acara yang menyajikan hiburan musik, gitar juga selalu menjadi instrumen pilihan lantaran bisa dibilang seperti orkestra mini atau mini band. Wajarlah jika banyak orang yang jadi tertarik untuk mempelajari gitar.

Namun, banyak juga di antara mereka, terutama pemula, yang menganggap bermain gitar itu susah. Padahal, belajar gitar sebenarnya mudah alias tidak sulit-sulit amat asalkan kita memahami bahwa inti dari main gitar itu ada 3 yaitu niat, sabar, dan rutin.

Bagaimana soal bakat? Bisa dikatakan bermain gitar tidak perlu memiliki bakat musik. Selama kita bersemangat, semua orang bisa belajar, memainkan dan bersenang-senang dengan alat musik ini.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips belajar main gitar untuk pemula.

1. Pahami dan hafalkan akor gitar
Di gitar itu ada yang namanya akor atau orang menyebutnya juga sebagai kunci gitar. Akor atau chord merupakan kumpulan nada. Nantinya setelah tahapan belajar terus berlanjut, kita akan mengenal chord mayor dan minor.

Sebelum melihat chord chart, lebih baik mulai tahapan ini: letakkan gitar kita dulu, lalu hafalkan urutan ini: C – D – E –F –G – A –B atau Do Re Mi Fa Sol La Si.

Baca juga:  Info Liga Inggris: Fans MU Marah, Ini Penyebabnya

2. Chord chart
Bagaimana mencari panduan chord? Bagaimana meletakkan jari-jemari pada senar gitar? Inilah nyamannya belajar di zaman internet. Kita dapatkan di internet, baik web, blog hingga video. Atau juga di majalah-majalah gitar.

Diagram ini memperlihatkan senar mana yang harus ditekan dan di fret berapa dimainkannya chord tersebut. Untuk pemula ini bisa dibilang ini ibarat contekkan. Kadang ada diagram yang tidak hanya menyajikan open chord, tapi ada juga barre chord atau sering kita sebut kunci balok.

3. Kumpulan Buku atau Website Lagu
Ada beberapa majalah yang isinya kumpulan lagu-lagu yang lengkap beserta chordnya. Silakan pula mengunjungi website gitar seperti ultimate-guitar.com.

Kemudian kita bisa memainkan lagu kesukaan dengan cepat meski sebenarnya ini kurang direkomendasikan karena dapat membuat malas melatih pendengaran dan kepekaan terhadap bunyi nada. Meskipun demikian, cara ini memang cukup cepat membantu kita belajar gitar.

4. Youtube
Banyak video-video lesson gitar di youtube.com. Bahkan para gitaris terkenal seperti Paul Gilbert, Slash, Synyster Gates, John Petrucci, Joe Satriani dan sebagainya memiliki video tutorial guitar lesson.

Jika boleh menyebut, video lesson John Petrucci di Youtube terbilang cukup bagus. Di situ dia juga mengajarkan bagaimana cara melakukan pemanasan atau warming up sebelum bermain gitar agar otot-otot di jari dan tangan semakin kuat.

5. Rutin
Singkat tapi rutin itu lebih baik daripada jarang tapi lama. Banyak master gitar menyarankan berlatih setiap hari selama 5-10 menit, alih-alih berlatih seminggu sekali dalam durasi, misalnya satu-dua jam bahkan 6 jam.

Baca juga:  Menembus Dinginnya Dieng dengan 3 Menu Spesial Ini

Saran ini dilatarbelakangi bahwa keteraturan akan membentuk karakter dan kepekaan bermusik kita secara perlahan, intuisi dan jari jemari bersinergi, otot di tangan serta jari juga akan makin kuat sekaligus luwes atau fleksibel.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1