Ketik pencarian Anda

Uncategorized

Jumat, Candi Borobudur Ditutup Sementara bagi Wisatawan Domestik Perorangan

SEMARANG – Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah akan ditutup untuk sementara pada Jumat besok, 8 September 2017.

Penutupan itu berlaku bagi wisatawan domestik perorangan. Namun, masih dibuka untuk kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik yang datang berombongan dan sudah dijadwalkan.

Penutupan sementara ini terkait dengan rencana salat Jumat dan doa bersama di Masjid An Nur, Sawitan, Kabupaten Magelang, yang berjarak sekitar tiga kilometer dari Candi Borobudur.

Seperti diberitakan sindonews.com, kegiatan ibadah dan doa bersama tersebut sebagai pengganti rencana aksi solidaritas yang sebelumnya akan dilakukan sejumlah ormas di Candi Borobudur.

“Saya pastikan tidak ada demo. Mereka akan melakukan salat Jumat bersama di Masjid An Nur Sawitan, Kabupaten Magelang. Kalau tempat ibadah ya untuk kegiatan ibadah, tidak boleh untuk demonstrasi,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, seusai rapat tertutup Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), Rabu (6/9/2017).

Sementara itu, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah akan mengerahkan sebanyak 2.500 personel ditambah 300 personel TNI untuk pengamanan di Candi Borobudur besok.

“Pengamanan pada Candi Borobudur tetap dilakukan pada Jumat besok. Selain antisipasi gejolak keamanan terkait pembatalan aksi unjuk rasa, juga dalam menyambut agenda kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Magelang untuk menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2017,” ujar Kepala Polisi Daerah Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono kepada awak media termasuk okezone.com.

Baca juga:  Rakernas MNC Leasing, Chairman Suntikan Semangat Perubahan

Kapolda menegaskan, kepolisian masih menetapkan Siaga 1 di Jawa Tengah pada Jumat-Sabtu mendatang. Berbagai potensi yang dimiliki oleh aparat akan dikerahkan untuk pengamanan. “Kita tidak boleh kecolongan di sana (Candi Borobudur),” tandasnya. *