Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Jelajah Selayar, Wisata Kelas Dunia

Foto : MNC Media

JAKARTA – Berwisata ke Kepulauan Selayar layaknya berwisata di pulau pribadi karena belum banyak turis yang datang. Bagi Anda, para pencinta wisata bahari pasti jatuh hati dengan kepulauan yang ada di Sulawesi Selatan ini.

Bagaimana tidak, ada sekitar 150 pulau lengkap dengan pantai yang bisa dijelajahi. Anda bisa menyelam atau hanya sekadar bersantai di pantai sembari menikmati deburan ombak yang menenangkan hati.

Jika ingin mengunjungi pantai, kepulauan ini memiliki pantai-pantai dengan pasir putih yang sangat halus. Ada Pantai Pamatata, Pantai Tanaera, Pantai Lansangireng, Pantai Taloiya, Pantai Pabadilang, Pantai Rampang-Rampangan, dan Pantai Labuang Nipaiya. Beberapa pantai memiliki barisan karang tepi sejauh ratusan meter. Tepian karang tersebut baru dapat terlihat apabila laut sedang surut.

Kepulauan Selayar juga menyajikan panorama bawah laut yang indah di Taman Nasional Takabonerate. Di bawah lautnya terdapat karang atol dengan luas 220.000 hektare dan merupakan karang atol terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia. Taman Nasional Takabonerate sudah dicalonkan ke UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak 2005 lalu.

Air lautnya jernih. Keindahan terumbu karang dengan aneka ragam bentuk dan warna di dalamnya menjadi daya tarik utama yang membuat wisatawan nasional hingga mancanegara mengunjungi tempat ini. Di sini, tersebar sekitar 25 pulau kecil yang bisa menjadi tempat awal melakukan penyelaman.

Baca juga:  Ikut Blind Audition The Voice GTV, Ferlita Berharap Temukan sang Ayah

“Jangan buru-buru pulang, tinggal hingga senja. Sunset-nya, juara! Nah, kalau mau menikmati eksotisme pantai berpadu dengan panorama tebing tinggi, datang saja ke Pantai Barat Baloiya. Kita juga bisa mengunjungi hamparan gua-gua menawan di sana, lho. Yuk, berlayar bareng ke Pulau Selayar!” tulis Instagram @Pesonaid_travel, dikutip Rabu (3/7/2019).

Selain pemandangan laut yang indah, kebudayaan masyarakat setempat juga menjadi daya tarik tempat ini. Terdapat beberapa benda bersejarah yang unik seperti jangkar raksasa yang terdapat di Pantai Padang. Jangkar ini merupakan jangkar kapal besar asal China milik saudagar kaya bernama Gowa Liong Hui.

Ada juga Nekara yang berasal dari zaman perunggu. Nekara di pulau ini berbentuk seperti gong dengan gambar bintang, gajah, pohon kelapa, bintang, ikan, katak, burung merak, dan bangau di sekelilingnya.

Kepulauan Selayar merupakan Kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan. Kabupaten ini merupakan kabupaten kepulauan dengan 95 persen daerahnya merupakan perairan. Sisanya, lima persen terdiri dari 123 pulau dengan 62 pulau yang sudah dihuni. Ibu kota Kabupaten Selayar adalah Kota Benteng.

Perjalanan menuju kepulauan ini memang memakan waktu lama. Dari Kota Makasar, Anda harus melakukan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Bira, Bulukumba sekitar enam jam. Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal feri selama dua jam menuju Pelabuhan Pamatata, Pelabuhan Pamamata di Pulau Selayar

Baca juga:  Tayang Perdana di MNCTV, Pemain dan Kru "Cinta Asyfa" Gelar Syukuran

Dari Pulau Selayar, dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Pelabuhan Petumbukan selama dua jam. Barulah perjalanan laut dimulai kembali menuju Pulau Tinabo di Takabonerate. Anda hanya bisa menggunakan kapal kayu untuk menuju ke sana. Waktu tempuhnya sekitar enam jam.