Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Jaga Jarak Aman, Sekarang!

Foto : MNC Media

JAKARTA – Saat berkendara, biasanya Anda menemukan tulisan ‘jaga jarak aman’ dari kendaraan lain. Namun, acapkali kita mengabaikan pesan penting ini. Karena alasan terburu-buru sehingga alpa untuk menjaga jarak aman kendaraan di jalan raya.

Lalu, bagaimana cara menghitung jarak yang aman?

Jika terjadi sesuatu yang menuntut pengereman mendadak, mobil baru benar-benar bisa berhenti paling cepat 2 detik. Namun, dalam kasus pengereman mendadak, biasanya dibutuhkan waktu 0,5 sampai 1 detik mulai dari mata melihat kejadian lalu dilanjutkan ke otak untuk memerintahkan kaki menginjak pedal rem.

Direktur Utama Rifat Drive Labs Rifat Sungkar mengatakan, kendaraan dengan kecepatan 100 kilometer per jam, artinya setiap detik kita sudah berpindah sejauh 27,7 meter. Banyak hal yang bisa terjadi dengan jarak dan kecepatan itu.

Saat pedal rem diinjak, sistem bekerja untuk menahan roda juga membutuhkan waktu 0,5 sampai 1 detik. Maka jika dalam kecepatan 100 km/jam, hampir 60 meter kendaraan masih melaju bebas ke depan.

Lalu, berapa jarak aman yang dianjurkan? Dalam teori defensive driving dijelaskan bahwa jarak aman minimal 3 detik. Mengapa dengan rumus waktu? Sebab melalui rumus ini, jarak aman akan menyesuikan kecepatan kendaraan.

Jadi, pastikan jarak Anda dengan kendaraan lain aman, karena keluarga Anda menanti di rumah!