Ketik pencarian Anda

Editor's Choice MNC Terkini

Inspiratif! Anak Tukang Bubur Peraih Beasiswa S2 danS3

Foto: Instagram

JAKARTA – Kisah inspiratif kali ini datang dari anak yang dibesarkan dalam keluarga sederhana, namun mampu mengenyam pendidikan tinggi. Pelajaran berharga berupa kegigihan tekad  kuat dari seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Eka Setiawan pada Program Studi Biologi Tumbuhan.

Pemuda yang akrab disapa Eka ini mendapat kesempatan untuk menempuh studi S2 di IPB. Tak berhenti sampai disitu, Eka kembali mendulang prestasi dengan meraih beasiswa S3, yang berujung pada Pendidikan Magister dengan gelar Doktor untuk Sarjana Unggul.

Kegemarannya memperhatikan tumbuh-tumbuhan dan berbagai jenis tanaman, telah menjadi motivasi untuk mempelajari keanekaragaman hayati berikut spesiesnya lebih dalam. “Di benak saya, ada tanda tanya besar, mengapa di Indonesia dengan keanekaragaman tumbuhan yang tinggi, tapi masih sedikit yang fokus mempelajari keanekaragaman tumbuhan,”ucapnya.

Keberanian Eka mencoba mengikuti rangkaian ujian masuk IPB ternyata membuahkan hasil, yang barmuara pada diraihnya gelar Sarjana. Namun capaian itu justru menjadi titik awal pertasi Eka di dunia akademisi.

Bagi pemuda yang semula bercita-cita ingin menjadi seorang Dokter ini, dukungan keluarga merupakan kekuatan inti dalam meraih sederet gelar pendidikan yang dimilikinya saat ini. Sang ayah, berprofesi sebagai tukang bubur di daerah Parungbingung Depok, dan Ibunda yang bekerja pengajar ngaji Taman Pendidikan Al Quran (TPQ). “Mereka selalu ngingetin saya agar tidak pernah lepas dari Shalat 5 waktu,” jelasnya.

Baca juga:  7 Rahasia Merawat Jilbab Berbahan Katun

Berlimpah prestasi, tak membuat Eka lupa diri. Ia selalu terkenang dengan sosok guru Bimbangan Pelajar (BP) saat Ia masih duduk di bangku SMA, begitu juga dengan sejumlah Seniornya yang telah memberikan saran hingga konsultasi untuk memperoleh beasiswa di IPB.

Baruno

MNC Update Managing Editor

    1