Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Inovasi Digital Koran Sindo dan Sindonews.com

JAKARTA – Jurnalisme terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang melaju cepat. Salah satu media milik MNC Group, Koran Sindo menangkap peluang kecanggihan teknologi dengan mengembangkan tanpa henti platform online media yakni Sindonews.com dan juga memanfaatkan media sosial.

Pemimpin Redaksi Koran Sindo dan SINDOnews.com Pung Purwanto mengatakan, pihaknya tidak menutup diri dari perkembangan zaman. Oleh karena itu, lahir ide koran multiplatform yang artinya koran dalam bentuk cetak, online (Sindonews.com), dan visual baik itu grafis maupun video.

“Cita-cita dari awal memang Sindonews.com itu di-setup sebagai megaportal. Jadi, mengincar orang yang ingin membaca berita secara mendalam. Dengan kata lain, bisa dibilang online berasa koran. Real portal news,” ujarnya kepada MNC Update, di Gedung Sindo,kompleks MNC Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pekan lalu.

Diungkapkannya, pada portal Sindonews.com, pihaknya akan memproduksi video news yang berdurasi 3-6 menit. “Konsepnya liputan tapi dalam bentuk video,” tambahnya.

Lebih lanjut, jenisnya adalah feature atau kejadian di balik berita. Menurut Pung, hal demikan dilakukan lantaran video ke depannya akan menjadi platform yang berpengaruh dan menentukan.

“Jadi khalayak bisa baca korannya, mengikuti berita di versi online dan menonton videonya. Kami tidak akan bersaing dengan televisi karena kami akan mengambil sisi lain dari itu. Seperti featurenya atau di balik beritanya dan krunya dari kami,” terang Pung.

Baca juga:  Doa dan Latihan, Kunci Sukses Jacqueline Caroline

Menyoal kesiapan infrastruktur, lanjutnya, pihaknya sudah mulai melakukan perekrutan dan di sosial media Koran Sindo juga telah diunggah beberapa video news yang durasinya lebih pendek, sekira 1 menit.

Kekuatan Konten
Koran Sindo dan Sindonews.com juga mengusung komitmen menyajikan informasi yang berkualitas dan terpercaya. Dengan kata lain, titik pentingnya ada pada akurasi.

Pung mencermati, kini waktu yang dimiliki orang untuk membaca semakin sedikit dan mereka tidak mau berjudi soal kebenaran berita yang dibacanya.

Publik semakin cenderung memilih media yang dapat diandalkan memberikan informasi akurat dan tidak semata-mata mencari yang cepat.

“Artinya semuanya tidak hanya soal kecepatan. Ini memperkuat keyakinan kami bahwa konten adalah raja. Kami yakin, baik bentuknya online dan video tapi kalau tidak bagus akan ditinggalkan. Kami punya kelebihan membuat konten yang bagus. Jadi, kami bikin platform-nya, cetak bisa di-onlinekan, divideokan dan disosmedkan,” tandas Pung Purwanto.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1