Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Ini Tanda-tanda Tubuh Alami Dehidrasi Selama Puasa

JAKARTA – Saat menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadan, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan menahan haus dan lapar selama kurang lebih 14 jam. Jadi bisa dikatakan selama itu pula tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan.

Agar puasa lancar dan aktivitas seharian dapat dituntaskan dengan baik, maka kebutuhan cairan alias hidrasi harus diperhatikan serta dipenuhi. Pastikan Anda air putih baik ketika sahur maupun berbuka. Hidrasi yang cukup semakin dibutuhkan ketika Anda tetap melakukan aktivitas fisik atau olahraga saat puasa.

Sembari tetap mengatur kecukupan hidrasi, ada baiknya kita juga mengenali gejala jika seandainya tubuh mengalami dehidrasi? Berikut beberapa gejala dan komplikasinya, seperti dirangkum iNews.id dari berbagai sumber.

Rasa Haus Berlebihan
Saat tubuh Anda kehilangan banyak cairan, yang dirasakan adalah rasa haus yang ekstrem. Bukan rasa haus biasa, tetapi terasa ekstrem di tenggorokan Anda.

Warna Air Seni Gelap
Gejala lainnya bisa dilihat dari warna air seni Anda yang lebih gelap daripada biasanya. Tanda lain tubuh kekurangan cairan adalah Anda jarang berkemih.

Kelelahan dan Pusing
Saat tubuh kekurangan cairan dan Anda mesti melakukan aktivitas lainnya, Anda akan merasakan kelelahan. Rasa lelah ini cenderung membuat Anda merasa limbung dan pusing.

Komplikasi
Dehidrasi ringan biasanya tidak berbahaya. Tapi dehidrasi sedang hingga berat dapat menyebabkan komplikasi-komplikasi penyakit seperti gangguan saluran kemih dan ginjal, kontraksi otot, kehilangan kesadaran, dan syok hipovolemik atau kondisi saat kadar bagian cair dari darah (plasma) terlalu rendah.

Baca juga:  Asrinya Kawah Rengganis Bandung

Bagaimana Cara Mengatasinya?
Sebenarnya cara mengatasi dan mencegah agar Anda tidak mengalami dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa sangat mudah. Anda cukup minum delapan gelas air putih per hari dengan rumus 3-2-3 atau minum tiga gelas air saat sahur, dua gelas ketika berbuka, dan tiga gelas lagi sebelum tidur.

Tidak hanya minum air putih, Anda juga disarankan makan sayur dan buah, yang memiliki kadar air tinggi. Untuk melakukan aktivitas fisik, Anda juga disarankan agar melakukan olahraga sebelum atau setelah berbuka.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1