Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Ini Jadinya, Jika Makan Mi Instan Saat Sahur!

Foto: Pinterest

JAKARTA – Mi instan adalah salah satu makanan favorit yang sangat banyak diminati masyarakat Indonesia. Bahkan, makanan yang berbahan dasar tepung terigu ini jadi andalan dikala lapar dan enggan ribet untuk menyiapkan hidangan.

Apalagi, saat bulan puasa seperti saat sekarang ini, rasa kantuk di saat sahur, membuat sebagian orang malas untuk menyajikan makanan berat. Sehingga kita tergoda untuk menyajikan makanan yang mudah dibuat saja seperti mi instan.

Dalam dunia kesehatan, mi instan sudah dikenal luas sebagai makanan yang kurang sehat, sebab hanya mengandung kalori dan karbohidrat. Lantas, amankah mi instan dikonsumsi saat sahur?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS PKU Muhammadiyah Bantul, Novi Wijayanti Sukirto menjelaskan, mi instan sendiri kalau dari sumber nutrisinya memang ada. Tetapi, nutrisinya hanya sebagian besar karbohidrat yang sumbernya dari tepung.

“Karena karbohidrat kompleks, kalau kita makan mi instan yang bahan dasarnya dari tepung akan mudah cepat lebih lapar. Terutama bagi yang mempunyai penderita maag, karena dia akan mencernanya akan lebih sulit, dan mi instan tersebut juga banyak akan kandungan minyaknya. Akan juga mengalami gangguan pencernaan yang ada di dalam perut, kalau mi instan dipilih sebagai menu pada sahur,” bebernya.