Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Ini 3 Jurus Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

JAKARTA – Kini kita telah terperangkap di era teknologi, di mana sulit melepaskan diri dari perangkat digital. Maka, sudah sepatutnya Anda menjaga kesehatan indera penglihatan yaitu mata. Pasalnya, perangkat eletronik dapat merusak mata.

Ada sejumlah kebiasaan yang dapat merusak, salah satunya adalah berjam-jam menatap layar elektronik. Oleh karena itu, demi menjaga supaya mata tetap sehat, Anda bisa terapkan tiga hal berikut ini sebagai kebiasaan Anda.

  1. Matikan Gadget

Smartphone, komputer, dan televisi dapat menyebabkan Anda terkena Computer Vision Syndrome (CVS) yakni ketegangan mata yang disebabkan terlalu lama menatap layar. Gejalanya yaitu mata kering, sakit kepala, dan pengelihatan kabur.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa mengikuti peraturan 20/20/20, yaitu setiap 20 menit fokuskan pada sesuatu dengan jarak 20 meter selama 20 detik. Anda juga bisa mencoba lakukan berkedip 20 kali saat melakukan interaksi dengan perangkat digital. Pasalnya, mengedip dapat mencegah berkurangnya kelembaban mata Anda hingga membuat kedua mata Anda kering.

  1. Santap Makanan Sehat

Diet sehat ternyata bermanfaat untuk mata Anda. Dengan mengkonsumsi daun hijau, telur tinggi lutein dan zeaxanthin terbukti menurunkan risiko kondisi seperti Age-Related Macular Degeneration (AMD), penyebab utama hilangnya penglihatan di Inggris. Omega-3 yang ditemukan pada ikan juga bisa memperlambat AMD sekaligus menjaga kelembaban mata tetap sehat dan berlimpah, mencegah mata kering dan gatal.

Baca juga:  Viral! Ibu Muda Ini Melahirkan hanya Dibantu Tutorial di Youtube

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi Vitamin C dan Vitamin E serta diet yang penuh dengan buah beri, buah sitrus dan kacang-kacangan dapat membantu mencegah katarak.

  1. Pakai Kacamata Hitam

Selain bagian dari mode, memakai kacamata hitam juga berdampak bagi kesehatan mata Anda. Sebab, seperti disebutkan tadi, kerusakan mata akibat sinar UV bisa meningkatkan risiko katarak dan AMD. Oleh karena itu, penting melindungi mata Anda dari sinar UV dengan kacamata hitam.

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1