Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Ingin Mudik Lebaran Aman dan Nyaman? Ayo Manfaatkan Angkutan Motor Gratis PT KAI

Foto: MNC Media

JAKARTA – Halo rekan-rekan, ada info menarik loh bagi Anda yang sudah dari sekarang ingin mempersiapkan kepulangan ke kampung halaman pada libur lebaran nanti. Apalagi untuk Anda khususnya pengendara bermotor, kini tak lagi susah. Kenapa? Karena Kemenhub secara resmi membuka angkutan motor gratis untuk mudik dan libur Lebaran 2020 mendatang.

Dikutip dari SINDOnews, PT KAI selaku pelaksana telah menyiapkan tiga rute pemberangkatan dalam angkutan motor gratis ini. Vice President Public Relation PT KAI, Yuskal Setiawan memaparkan tiga rute itu meliputi Lintas Utara yang meliputi dari jalur utara kereta dengan tujuan akhir Stasiun Surabaya Pasarturi.

Selanjutnya, Lintas Selatan 1, yang dimulai ke arah Bandung dan jalur selatan Pulau Jawa hingga berhenti di Stasiun Kutuarjo. Serta Lintas Selatan 2, yang melintasi jalur utara dan selatan jalur kereta api.

“Semuanya akan dimulai dari Stasiun Jakarta Kota,” kata Yuskal saat dihubungi SINDOnews, Kamis (27/2/2020).

Meski tak memaparkan jumlah kuota pengangkutan sepeda motor gratis, lantaran masih menunggu dari Ditjen Perkeretaapian, Yuskal mengatakan khusus untuk kereta api, pihaknya mengatakan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum pengangkutan sepeda motor gratis oleh PT KAI.

“Yang paling utama, semua peserta Motis 2020 dengan KA, mendaftarkan diri secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id. Pendaftaran secara online bisa dilakukan di rumah atau di posko pendaftaran yang ditunjuk,” ujarnya.

Baca juga:  MNCTV Tayangkan Sinetron Drama Komedi “Rejekinya Anak Sholeh”

Setelah mendaftar, lanjut Yuskal, calon pemudik harus melakukan verifikasi ke posko 2×24 Jam, untuk menghindari terjadinya penghapusan pendaftaran secara otomatis. Selain itu, pemudik juga harus menyiapkan berbagai persyaratan tambahan, yakni tiket kereta api yang terdiri dari dua tiket dewasa dan satu tiket anak dan infant sesuai dengan kartu keluarga (KK) peserta motis, dan melampirkan SIM C, KTP, dan KK.

“Pembelian tiket KA untuk peserta motis adalah sesuai dengan Nama Peserta Motis yang terdaftar,” tuturnya. Setelah itu registrasi yang terverifikasi, maka peserta wajib menyerahkan sepeda motor sebelum H-1 pemberangkatan sepeda motor.

“Sepeda motor yang masuk di stasiun penyerahan maupun yang keluar di stasiun tujuan akan dikenakan biaya parkir oleh pengelola parkir resmi stasiun (PT Reska, PT Kalog maupun rekanan PT KAI),” tambahnya.

Dalam pengangkutan sepeda motor gratis, helm dan kaca spion disarankan agar dibawa oleh peserta. Tak hanya itu, sepeda motor pun harus dikosongkan BBM selama proses pengangkutan.

“Peserta akan mendapatkan kode booking tiket KA pada saat penyerahan sepeda motor. Tanpa menyerahkan Sepeda Motor, pendaftaran dianggap hangus dan tidak berlaku,” ucapnya.

Selama proses ini, Yuskal mengingatkan agar peserta dilarang memberikan tip kepada petugas. Sebab pembiayaan pemberangkatan dilakukan secara gratis. Berikut tiga rute angkutan Motis 2020:

1. Lintas Utara
Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, Stasiun Surabaya Pasarturi.

Baca juga:  Ikutan Mojoc 2019, Masuki Gerbang Jurnalisme Digital

2. Lintas Selatan I
Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cimahi, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo.

3. Lintas Selatan II
Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Sta Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Surabaya Pasarturi.

Ikuti terus berita ter-update terkait lalu lintas arus mudik dan libur lebaran 2020 hanya di portal SINDOnews.com, Sumber Informasi Terpercaya!