Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Info Liga Inggris: Skuad Man City Berharga Rp14,7 Triliun

MANCHESTER – Money talks. Ungkapan itu berbanding lurus dengan apa yang dilakukan Manchester City. Penampilan memukau mereka musim ini tak lepas dari kucuran dana berlimpah yang sudah dikeluarkan untuk belanja pemain.

Berdasarkan riset yang dilakukan Observatorium Sepak Bola CIES yang bermarkas di Swiss, City punya skuat paling mahal sepanjang sejarah. Armada yang dilatih Pep Guardiola itu bernilai 878 juta euro (Rp14,7 triliun). Nilai itu didapat setelah The Citizens mengakuisisi defender Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao dengan banderol 65 juta euro bulan lalu.

Paris Saint-Germain ada di urutan kedua dengan 805 juta euro (Rp13,49 triliun). Perekrutan Neymar Jr dari Barcelona senilai 222 juta euro menghabiskan seperempat nominal yang dikeluarkan klub asal Paris itu. Namun bergabungnya Kylian Mbappe belum termasuk karena berstatus pinjaman dari AS Monaco, meski dia diperkirakan akan direkrut secara permanen dengan biaya 180 juta euro.

Dengan begitu, City yang tercatat memiliki armada paling mahal. Semua tak lepas dari usaha Guardiola mengumpulkan bakat-bakat hebat dalam timnya.

“Ketika Anda ingin bersaing di level tertinggi, Anda perlu mengeluarkan uang. Beberapa klub menghabiskan 300-400 poundsterling untuk dua pemain. Kami menghabiskan seharga itu untuk enam pemain,” tutur Guardiola, dikutip AFP.

Dua tim lainnya menginvestasi lebih dari 700 juta euro untuk membangun skuatnya, Manchester United (747 juta euro) dan Barcelona (725 juta euro). Di posisi berikutnya ada Real Madrid di tangga kesepuluh, Juventus kedelapan, dan setelah itu ada empat tim Premier League Chelsea, Liverpool, Arsenal and Everton.

Baca juga:  Dolar Makin Perkasa, Rupiah Tembus Rp13.600/USD

Tim periset mengkalkulasi rata-rata skuat di Premier League bernilai 291 juta euro, paling tinggi di antara liga lainnya, bahkan dua kali dibanding rata-rata harga skuat klub La Liga (131 juta euro).

(Sumber: iNews)

Tags: