Ketik pencarian Anda

Chairman Activities Highlights

Industri Media Akan Terus Tumbuh

SINGAPURA –   Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan industri media di Indonesia memiliki ruang pertumbuhan yang sangat besar, baik untuk media tradisional maupun digital.

Hal tersebut ia sampaikan saat menjadi keynote speaker pada acara “The Might of Indonesia” di Asia TV Forum & Market (ATF) Leader’s Summit di Singapura, Selasa (28/11).

Di Indonesia, media tradisional seperti televisi masih terus berkembang. Hal ini dikarenakan mayoritas daerah di Indonesia memilih televisi untuk kebutuhan media mereka. Walaupun audience share mencapai 90%, penetrasi pasarnya saat ini baru mencapai 70% sehingga menyisakan ruang tumbuh yang cukup besar bagi industri media.

Sementara digital media di Indonesia saat ini dinikmati oleh kota-kota besar yang jumlahnya sekitar 10-20% dari 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Seperti diketahui, saat ini MNC Group menaungi empat televisi nasional yaitu RCTI, MNC TV, GTV dan iNews yang ditonton lebih dari 40% atau lebih dari 100 juta penduduk Indonesia. Selain itu, ada TV berlangganan seperti MNC Vision, MNC Play dengan layanan internet, OTT, portal, user generated content (UGS), social media, radio dan koran.

MNC Group juga telah membangun innovation centre untuk mengembangkan produk-produk digital. “Saya membangun innovation centre untuk memastikan kami berlari cepat dalam mengembangkan digital product,” kata Hary.

Hary menyatakan, potensi pasar di Indonesia sangat besar, di mana Indonesia memiliki populasi 260 juta penduduk yang tumbuh lima juta setiap tiga tahun dengan mayoritas usia muda dan memiliki konsumsi kuat. “Indonesia tahun 2030 akan memiliki kekuatan ekonomi 10 kali lebih besar daripada ekonomi Singapura saat ini,” tandasnya.

Baca juga:  Bangun Jembatan, Chairman MNC Group Ajak Pengusaha Angkat Ekonomi Masyarakat Daerah

Kehadiran Hary pada forum tersebut memberikan wawasan kepada para pemimpin media di dunia dalam melihat Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia.

(aan)

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1