Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Industri 4.0, Chairman MNC Group: Kita Harus Ambil Bagian!

Foto : MNC Media

MNCUPDATE.COM – Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengajak, semua lapisan masyarakat ikut ambil bagian dalam pengembangan industri 4.0. Seharusnya, masyarakat Indonesia harus menjadi tuan di negerinya. Artinya, lebih banyak memberikan kesempatan terutama produk-produk UMKM semakin dipasarkan secara luas, bukan malah memberi banyak peluang bagi produk impor.

“Bangsa kita harus menjadi bagian pemainnya, mendapatkan manfaatnya. Jangan hanya jadi konsumen tapi malah tidak mendapatkan manfaat, ” kata Chairman MNC Group saat membuka acara Round Table Discussion dalam menyambut Ulang Tahun Okezone.com yang ke-12 yang bertajuk “Kolaborasi untuk Negeri” di iNews Tower, Jakarta, Selasa (12/3).

Menurut Chairman MNC Group  jika tak mampu menangkap peluang ini, Indonesia hanya akan menjadi pasar bagi perkembangan ekonomi era digitalisasi. Apalagi, ciri khas dari industri 4.0 adalah mendisrupsi atau mengubah suatu bentuk perekonomian.

Dicontohkan Chairman MNC Group,  kehadiran e-commerce memang memberikan banyak manfaat.  Namun,  di sisi lain berdampak pada sejumlah toko ritel yang terpaksa harus menutup lapaknya.  Hal itu terjadi karena peralihan gaya hidup masyarakat yang berbelanja secara online.

Video : MNC Media

“Karena sekarang belanja tinggal klik-klik saja, tidak perlu belanja ke mall. Hal ini lah mengapa toko ritel menurun. Maka kita harus hati-hati (menghadapi industri 4.0),” katanya.

Dalam mengambil peluang di tengah perubahan yang sangat besar itu,  sambung Chairman MNC Group,  pemerintah harus tetap memperhatikan bisnis dengan skala kecil atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu, perlu memperhatikan juga tenaga kerja Indonesia yang terancam dengan adanya digitalisasi.

Baca juga:  Geopark Indonesia iNews Sabet Program Wisata Budaya Anugerah KPI 2018

Menurutnya, industri 4.0 malah harus menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Hal ini mengingat jumlah angkatan kerja di Indonesia sangatlah besar.

“Hal yang tidak kalah penting, bagaimana kita bisa memberikan lapangan kerja terhadap masyarakat,” tukasnya.