Ketik pencarian Anda

Chairman Bersyukur di HUT MNC Group ke-29

November 5, 2018

Hary Tanoe Ajak Masyarakat Terus Bantu Korban Bencana Sulteng

October 10, 2018

Peduli dan Berkomitmen Tinggi, MNC Group Raih 4 Penghargaan Top CSR 2018

October 5, 2018

Kunjungi MNC Media, Presiden Jokowi Disambut Jajaran Redaksi

October 30, 2018

Indra Pudjiastuti Prastomiyono

KONSISTEN DAN HOLISTIK  – “Whatever you do, do it your best. Wherever you go, try to lead. Whenever you serve, do it with your heart.”

Kalimat di atas lebih dari sebuah slogan. Kalimat ini merupakan pegangan dari Ibu Indra Pudjiastuti Prastomiyono atau yang populer di lingkungan MNC Group dengan sapaan Ibu IP ini. Demikian juga dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Group Government & Organization Development Director (GGOD) PT Global Mediacom Tbk., Ia berusaha untuk menjalankannya.

Saat ini, PT Global Mediacom Tbk membawahi berbagai media platform, antara lain, TV free-to-air (FTA), paytv, OTT, broadband, media online, media cetak, channel, content termasuk inhouse production/talent management, dan new media seperti homeshopping. “Sebagai GGOD Director, tugas saya memastikan agar Group Media terbesar di Indonesia ini dijalankan dengan teratur dan sesuai prosedur tetapi tetap bisa maintain market Leadership dan bertumbuh kembang dengan pesat,” tandasnya.

Visi Group MNC Media ingin menjadi the most integrated media di Asia Tenggara, dan oleh karena itu infrastrukturnya harus dibangun, termasuk People dan Processnya. “Saya handle the other side of business partsnya. GGOD ini secara garis besar mencakup Group Policy dan Compliance, Group Human Resources (HR) dan Group Internal Audit,” kata peraih gelar Master of Business Administration dari Strathclyde Graduate Business School, Skotlandia ini.

Dalam menjalankan tugasnya, Ibu IP dibantu oleh beberapa Group Heads yang menangani HR Operations, HR Policies/Shared Services, Organization Development (OD), Learning & Developments, Internal Audit, dan Corporate Policies/Compliance.

Wanita kelahiran Surabaya ini dikenal sebagai pribadi yang to the point, tegas, dan trengginas. Seperti siang itu, terlihat Ibu IP dengan tegas memberikan arahan melalui sambungan telepon kepada salah seorang stafnya. “Saya lebih suka pick up the phone dan langsung selesaikan saja masalahnya apa. Jadi, kalau ada masalah, gak perlu lama-lama menyelesaikannya. Langsung diberikan solusi dan di closed. Tetapi harus kritis dan comprehensive,” kata Ibu dari tiga orang anak ini. Sebuah arahan yang menggambarkan dengan jelas sosok pribadinya yang cekatan.

Konsisten dalam Setiap Keputusan

Menjabat posisi penting di sebuah perusahaan sebesar MNC Group, yang memiliki karyawan lebih dari 30ribu dan 80% nya ada di Group Media ini, tentu tidaklah mudah. Tidak mudah karena ada banyak keputusan penting yang harus diambil secara efektif dan e sien karena bisnis perlu bergerak cepat. Namun, ia menganggap pekerjaan itu adalah tanggungjawab. Konsistensi adalah pegangannya. “Harus tetap konsisten dan holistik. Tidak melihat masalah secara parsial sehingga dalam membuat keputusan itu tidak gamang,” tuturnya

Bagi Ibu Indra, ada prinsip-prinsip yang harus dilihat, mana yang pokok dan mana yang perlu. Tentu saja setiap keputusan itu ada resikonya. Tidak ada keputusan yang sempurna. Tetapi keputusan yang sudah mempertimbangkan hasil yang optimal dan resiko yang minimal itulah yang harus cepat diputuskan. “Kalau kita konsisten dan paham prinsip-prinsip nya, insyaallah hasilnya baik. Karena sebaik-baiknya tidak ada keputusan, masih lebih baik ada keputusan walaupun dengan probabilitasnya 50% benar dan 50% salah. Kalau tidak ada keputusan, kita dapatnya 0% dan jalan ditempat, ” tandasnya.

Untuk menjaga konsistensi dari keputusan-keputusan di unit-unit bisnis, selain diperlukan standarisasi policy yang terintegrasi dan tailored dengan kebutuhan sinergi bisnis, juga diperlukan self-assessment atau pengawasan melekat terhadap sistem dan kebijakan di masing-masing unit yang dimulai dengan diri sendiri. Ia menekankan pentingnya pengawasan dan kontrol terhadap diri sendiri di semua jenjang struktur, karena hal itu jauh lebih efektif dan powerful jika dibandingkan dengan pengawasan dari atasan ataupun dari holding sekalipun. “Itulah sebabnya sekarang kita men-drive adanya sistem CCSA (Compliance Control Self Assesment), yang pada prinsipnya adalah kesadaran melakukan evaluasi secara disiplin dan secara reguler/quarter di level units dan melaporkan sendiri apa-apa yang dilihat dan dijalankannya selama ini salah dan tidak sesuai prosedur dan langsung melakukan tindakan koreksi sesuai policy yang telah ditetapkan”.

Jadi, tidak semua kontrol itu harus dimulai dari holding dulu. Nanti tugas holding selain melakukan audit, juga melakukan review atas CCSA process yang sudah dijalankan oleh unit-unit usaha MNC Group. “CCSA ini sifatnya preventive action sedangkan kalau audit itu sifatnya curative action. Sistem itu dibuat untuk menjaga process yang benar, tetapi efekti tasnya tergantung bagaimana cara penerapan oleh individu-individunya,” jelas wanita berkacamata ini.

Oleh karena itu, menurut Ibu Indra integritas para pejabat di MNC Media ini penting, selain tentu saja kompetensi di lapangan. Saat ini CCSA sudah dijalankan secara bertahap di units seperti Indovision, RCTI, GlobalTV, MKM, MNCShop, iNews, MNC Channel, CMI, dan lainnya. Nantinya semua perlu menjalankannya dan itu sifatnya empowerment dalam melakukan pengawasan dan mem ‘protect’ unitsnya,” tegas Ibu Indra.

Membangun Confidence

Tegas dalam mengambil setiap keputusan adalah buah dari kuatnya kemampuan analitisnya atas setiap persoalan yang muncul. Dan itu juga bukti dari besarnya rasa percaya diri.

Bagaimana peraih beasiswa MBA British Council ini membangun rasa percaya dirinya? “Saya menanamkan dalam pikiran saya bahwa I’m con dent because I’m not perfect. Padahal, biasanya, orang lain (mengatakan) ‘I’m con dent because I’m Perfect.’ So, when you give me the chance, just give me the target and I will try to do my best. Jadi yang lebih saya cari sebetulnya process belajarnya. Saya orang yang selalu ingin tahu dan ingin belajar, dan seringkali saya ingin membuktikan apa yang saya yakini benar, itu benar adanya. Kalau ternyata salahpun, saya jadi belajar untuk tahu mana yang benar. Tetapi kalau melakukan kesalahan jangan yang repetitive mistakes, harus yang genuine mistake, artinya bukan kesalahan yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya baik oleh diri sendiri atau oleh orang lain. Artinya itu kurang belajar, dan kurang kritis. So, everything is about opportunities to learn. Whether what i did right or wrong, I will learn from both sides. Dan saya yakin kalau niatnya baik Tuhan yang akan memudahkan dan melancarkan jalannya” terangnya sambil tersenyum.

Pada 8 tahun yang lalu, Ibu IP memutuskan untuk bergabung dengan MNC Group, “Saya tidak punya background terkait media pada waktu itu, apalagi HR untuk handle bisnis Media, tetapi dengan keyakinan saya bahwa saya paham HR best practicesnya seperti apa karena saya ex Konsultan PwC untuk HR Transformation dan pernah handle HR di Citibank, dan keyakinan saya akan belajar banyak hal-hal baru di industri media karena penerapan best practices itu di lapangannya harus banyak improvisasi, maka saya memberanikan diri untuk me-lead dan berkontribusi di Group media ini. Kalau soal hasilnya seperti apa, itu atasan dan orang lain yang menilai,” kenang wanita yang pernah menjabat sebagai HR Director dan Credit Risk & Operation Director Citibank ini.

Berbagai jenis keterampilan dan sederet pengalaman sebagai pejabat teras di sejumlah perusahaan ternama membuat Ibu Indra menjadi solusi bagi atasan, rekan kerja, dan bawahan. Sebagai GGOD, ia menggelontorkan berbagai kebijakan berdasarkan masukan dari lapangan dan dikaji pros dan consnya, lalu disetujui oleh Group CEO, dan selanjutnya memastikan dan mengawasi prosesnya berjalan dengan baik demi pengembangan perusahaan. “Continue making improvements and try to nd alternative solutions on People and Policies/Procedures matters yang acceptable untuk menunjang pertumbuhan Group, itu intinya Direktorat GGOD ini” kata wanita yang pernah menjadi Dosen Senior di Institut PPM ini.

Hingga saat ini, PT Global Mediacom Tbk. terus berkembang sebagai perusahaan media terbesar, terintegrasi, dan terluas se-Asia Tenggara. Tentu saja Ibu Indra Prastomiyono adalah salah satu aktor intelektual dari pencapaian yang membanggakan ini.

More Stories

 

Faisal Dharma Setiawan - Chief Financial OfficerFaisal Dharma Setiawan
Director – PT Media Nusantara Citra Tbk