Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik

Foto : MNC Media

Jakarta – Tahukah kalian bahwa Indonesia selain memiliki populasi umat islam terbesar didunia, Indonesia adalah negara nomor satu destinasi wisata halal terbaik dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019, mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia.

Melalui laman resminya, mereka membagi negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja sama Islam (OIC) atau tidak. Ada empat aspek yang menjadi pertimbangan utama, yakni aksesibilitas, komunikasi, lingkungan, serta jasa dan layanan.

Masih dalam laman tersebut, Indonesia terlihat setiap tahunnyaa mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Setelah tahun lalu hanya berada di posisi ke-2, sekarang Indonesia mendapat nilai paling tinggi, baik dalam kelompok OIC maupun global.

CEO Crescent Rating Fazal Bahardeen dalam keterangan tertulisnya mengatakan Indonesia adalah satu-satunya negara yang paling progresif dalam mengembangkan destinasi halal tourism. Menurut Fazal, upaya Indonesia untuk mencapai posisi terbaik dilakukan secara serius di antaranya dengan membuat Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) yang mengacu pada standar GMTI.

“Indonesia juga kemudian gencar melakukan bimbingan teknis (bimtek) dan workshop 10 destinasi pariwisata halal unggulan di Tanah Air,”ujarnya.

Keunggulan objek wisata Indonesia mengalahkan negara-negara Timur Tengah dan Saudi Arabia yang terbilang sebagai pusat peribadatan umat muslim. Daya tarik wisata di Indonesia memiliki ragam variasi seperti pantai, keragaman budaya, hingga infrastruktur dasar.
Adapun kesepuluh destinasi unggulan itu yakni Lombok, Aceh, Jakarta, Sumatera Barat, Yogyakarta, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Malang Raya, Jawa Tengah, serta Makassar dan sekitarnya.

Baca juga:  Selamat! Showroom Terbaik Diberi Penghargaan MNC Finance

berikut 10 besar negara destinasi wisata halal terbaik dunia versi GMTI 2019:
1. Indonesia: 78
1. Malaysia: 78
3. Turki: 75
4. Arab Saudi: 72
5. Uni Emirat Arab: 71
6. Qatar: 68
7. Maroko: 67
8. Bahrain: 66
8. Oman: 66
10. Brunei Darussalam: 65