Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Ibu Menyusui Tekan Angka Penyakit Jantung

JAKARTA – Banyak penelitian yang menyebutkan tentang manfaat menyusui. Terbaru, para wanita yang menyusui bayinya dinilai lebih mungkin terhindar dari penyakit jantung.

Pemimpin studi, Malamo Countouris dari University of Pittsburgh, Amerika Serikat mengatakan selain penting untuk bayi, menyusui juga memiliki banyak keuntungan untuk sang ibu.

“Studi ini menambah bukti bahwa menyusui penting tidak hanya untuk bayi tetapi untuk ibu. Menyusui tampaknya bersifat kardioprotektif pada perempuan-perempuan ini, yang terbukti dengan peningkatan kolesterol dan penanda penyakit kardiovaskular subklinis,” kata Malamo.

Namun, alasannya belum diketahui secara pasti. Hanya saja para ahli mengatakan menyusui melepas hormon cattle oksitosin yang bisa menurunkan tekanan darah. Laktasi juga dapat menangkal beberapa perubahan metabolik yang terjadi selama kehamilan.

Studi yang dilakukan terhadap 678 perempuan ini menemukan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada orang dengan tekanan darah normal selama kehamilan.

Awal tahun ini, sebuah studi lain mengungkap menyusui meminimalisir risiko perempuan terkena tekanan darah tinggi, faktor risiko penyakit jantung. Para ahli percaya ASI bermanfaat untuk membantu menyembuhkan jerawat eksim, hingga ingeksi telinga.

(Sumber: Sindonews)

Tags: