Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Hati-hati, Minum Kopi Terlalu Panas Bisa Sebabkan Kanker

JAKARTA – Kopi seringkali disebut sebagai salah satu pencegah penyakit kanker. Namun, ada kondisi-kondisi tertentu di mana meminum kopi justru dapat memicu kanker ganas.

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengimbau kepada semua orang, terutama bagi para pencinta kopi untuk tidak terlalu sering minum kopi dalam keadaan panas. Pasalnya, kopi yang masih panas-panasnya itu dapat mengundang zat karsinogenik.

Hal tersebut diungkapkan Badan Penelitian Kanker Internasional di Amerika Serikat yang melakukan studi tentang hal ini. Dilansir Okezone dari Scientificamerican, Rabu (4/7/2018), dalam studi itu disebutkan ketika Anda minum kopi panas, zat karsinogenik yang merupakan pemicu kanker terlepas.

Jenis kankernya salah satunya adalah kanker esofagus ganas. Dalam studi ini, para peneliti memberikan minuman panas pada hewan. Hasilnya, jika subjek sering terpapar minuman panas di atas 65 derajat Celcius, efek karsinogenik cepat meningkat.

Beberapa percobaan dilakukan pada tikus. Hewan pengerat itu diberikan minuman panas, termasuk kopi. Ternyata hasilnya mempercepat perkembangan tumor.

Meski demikian, Juru bicara resmi WHO di Jenewa Gregory Hartl mengatakan, riset mengenai efek negatif minuman panas terhadap kesehatan manusia perlu penelitian lebih lanjut.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1