Ketik pencarian Anda

Chairman Activities

Hary Tanoe Beberkan Kunci Sukses Membangun Organisasi

JAKARTA – Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo membeberkan kunci sukses membangun organisasi. Hal tersebut ia ungkapkan saat menghadiri acara Halalbihalal MNC Group di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta, Senin (2/7/2018).

Dihadapan ribuan karyawan MNC Group, Hary menekankan pentingnya membangun sebuah kultur di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Hal ini perlu supaya organisasi bisa berkembang, maju dan, berhasil.

Bekerja dengan kultur adalah dengan memahami visi dari organisasi,bekerja berkualitas, efisien, cepat dan determinasi serta turut berpartisipasi dalam membangun bangsa. Berikut 13 kultur yang dibutuhkan untuk membangun organisasi yang maju dan berkembang menurut Hary Tanoe.

1. Clearly divine vision
Memiliki visi yang benar dan jelas sebab visi merupakan faktor penunjang dalam mencapai tujuan dan kesuksesan. Artinya visi tersebut perlu dipahami oleh seluruh orang yang berada di dalam organisasi agar perusahaan berjalan menuju ke arah yang benar demi mencapai kesuksesan.

2. Action oriented
Banyak perusahaan gagal karena tidak menerapkan action oriented melainkan lebih ke process oriented. Menurut Hary, kita harus fokus ke action atau tindakan dan goal atau tujuannya. Jika menemui masalah atau kendala, fokuslah pada solusi alih-alih pada masalahnya.

3. Spirit of excellent
Kerja bukan hanya berdasarkan kuantitas tapi dengan mengedepankan kualitas. Jangan pernah berhenti menyelesaikan pekerjaan sebelum kita yakin telah memberikan kualitas yang terbaik.

Baca juga:  Hary Tanoesoedibjo Rayakan Ulang Tahun Bersama Anak Yatim

4. Positive attitude
Pentingnya memiliki sikap dan pola pikir positif. Hary mencontohkan lebih baik kita mengatakan half full daripada half empty. Ini membuat kita tetap berpikir positif dan optimistis.

5. Mudah beradaptasi
Pada 20 tahun lalu, situasi yang membuat orang berhasil belum tentu relevan saat ini. Hary berpesan tidak boleh kaku. Maksudnya, harus fleksibel dalam menghadapi perubahaan zaman.

6. Effective time management
Dengan kata lain, pandai-pandailah menggunakan waktu. Hindari membuang-buang waktu. Misalnya kalau hasil rapat bisa diputuskan dalam 15 menit kenapa rapat harus dilakukan selama tiga jam.

7. Speed, hard working dan discipline
Visi bisa tercapai dengan implementasi yang berkualitas dan cepat. Sebab, kecepatan dibutuhkan di era yang serba cepat saat ini. Keberhasilan adalah sebuah proses yang harus diperjuangkan secara konsisten.

8. Communication
Bangun komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan dalam arti jangan dikotak-kotakkan. Salah satu caranya adalah dengan memperpendek birokrasi.

9. Team work and integrity
Perlunya membangun kerja tim yang baik. Selain itu, organisasi harus berintegritas, jujur, transparan, dan tidak sikut-sikutan.

10. Enggagement, loyalty, and strong networking
Organisasi yang berkembang dapat dipacu dengan menciptakan hubungan yang baik dengan para pekerja. Pemberian reward atau bonus juga dapat membantu mempererat relasi antara perusahaan dan karyawan.

11. Leading by example
Sebagai pimpinan kalau ingin anak buah menjadi benar, harus dipimpin dengan contoh bukan dengan perintah. Jika kita meminta anak buah untuk bekerja keras dan disiplin, pemimpin pun juga harus melakukan itu. Tidak mungkin anak buah menurut kalau pimpinan tidak memberi contoh.

Baca juga:  MNC Group dan Mahkamah Konstitusi Terus Pacu Sinergi Strategis

12. Growth and development
Dalam suatu organisasi harus jelas jenjang karir para pekerjanya. Dengan menyelenggarakan training, para karyawan akan makin berkembang dan produktif.

13. Sense of nationalism
Hary Tanoe juga menekankan, kita tidak hanya berkarya untuk diri sendiri dan organisasi tapi juga untuk negara. Pererat persatuan dan selalu bergandengan tangan membangun Indonesia yang lebih baik.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1