Ketik pencarian Anda

Chairman Activities Highlights

Greetings Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo: Selamat Tahun Baru 2018

Salam sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas seluruh karunia yang kita dapatkan selama tahun 2017. Berbagai capaian, pembelajaran dan pengalaman semoga menjadi refleksi dan pijakan untuk selalu memperbaiki diri dan memberi pengaruh positif pada sekitar, baik diri pribadi, keluarga dan lingkungan kerja.

Selama satu tahun kemarin, keluarga besar MNC Group telah menorehkan berbagai prestasi membanggakan. Pertama-tama saya sampaikan bahwa MNC Land bersama dengan Hyatt Hotels Corporation, akan menghadirkan hotel Park Hyatt pertama di Indonesia dan akan mulai beroperasi pada semester kedua 2018.

MNC Land juga mendesain ulang Bali Nirwana Resort dengan golf course yang didesain oleh Phil Mickelson. Kawasan ini diharapkan akan menjadi kawasan terbaik dan terpadu di Bali.

Selain itu, MNC Land juga sedang mengembangkan MNC Lido City, di Jawa Barat, yang akan menghadirkan world-class theme park pertama di Indonesia. Kawasan Lido juga akan menghadirkan “smart concept development” dalam pembangunan hotel, villa/condominium, country club dan lapangan golf, kawasan pembuatan film, kampus, dll yang sebagian di bawah manajemen Trump Organization.

Sementara bagi PT MNC Sky Vision Tbk, tanggal 12 Desember 2017 merupakan hari bersejarah karena nama Indovision berubah menjadi MNC Vision agar memberikan perspektif yang lebih fresh dan modern di bawah bendera MNC Group.

MNC Sky Vision juga melakukan ekspansi ke luar negeri setelah mendapat izin beroperasi di Malaysia dan menjadi operator TV berbayar asing pertama dengan teknologi satelit (DTH) dan internet (OTT) di Negeri Jiran itu.

MNC Vision dan MNC Play mulai bulan Januari 2018 akan bersinergi dengan MNC Now, layanan OTT yang merupakan wajah baru dari Moviebay, sehingga dapat memberikan layanan Pay TV, On Demand dan internet terpadu Indonesia.

Di bidang media lainnya, MNC Media mengembangkan berbagai digital platform termasuk situs berbagi video (UGC – User Generated Content), meTube, online travel MisterAladin dan Okezone yang diharapkan dapat menjadi layanan one stop portal seperti Yahoo Japan.

Baca juga:  Selamat! Hary Tanoe Resmi Dilantik Sebagai Ketua Umum Tarung Derajat

Seiring dengan komitmen MNC Group terhadap transformasi digital, kita juga terus memperkuat MNC Innovation Center yang akan menjadi pusat R&D dan pengembangan produk digital.

Bersama MNC Land, MNC Innovation Center akan membangun Technology City di Lido yang dirancang seperti Silicon Valley. Melalui MNC Innovation Center, MNC Group diharapkan akan menjadi digital leader terdepan di Indonesia.

Catatan positif juga diraih stasiun televisi RCTI yang mampu mempertahankan posisi sebagai stasiun TV nomor 1 pilihan pemirsa Indonesia selama 2017.

Di sisi lain, langkah strategis dilakukan Global TV dengan rebranding logo dan bertransformasi menjadi GTV. Diluncurkan pada ulang tahun ke-15, transformasi tersebut menjadi momen GTV mendekatkan diri pada penonton setia.

Hasilnya, pada slot evening time, average GTV pada bulan Oktober-November mencapai average share di 5.4-5.8%, dan meningkat di bulan Desember mencapai angka mendekati 9%, dan sudah mengungguli sejumlah stasiun televisi lain.

Stasiun televisi iNewsTV juga melakukan metamorfosa yang ditandai dengan perubahan logo menjadi iNews. Program berita iNews tayang di empat TV nasional sehingga memiliki pangsa pemirsa mencapai lebih dari 30 persen. Disamping iNews, di bulan Januari ini akan diluncurkan iNews.id, layanan online untuk mendukung program televisi iNews.

Terkait program televisi, konten lokal saat ini mendominasi hampir 80% dari seluruh program. Pada tahun 2017 lalu, hampir seluruh konten lokal, mulai dari berita, features, infotainment, talent search, game show, sitcom, variety, reality, animasi, drama series, FTV dan film layar lebar diproduksi sendiri (in house). Ke depan, diharapkan seluruh konten lokal diproduksi in house untuk tahun 2018 ini.

Baca juga:  Ulang Tahun ke-4, Cucu Pertama Hary Tanoesoedibjo Mendapat Ucapan Selamat dan Doa dari Keluarga serta Netizen

Sementara itu, untuk menjawab perkembangan teknologi digital di bidang periklanan, kita juga juga telah mengembangkan iklan berbasis virtual dan digital mobile.

Rekan-rekan MNC yang saya banggakan, di bidang jasa keuangan, MNC Sekuritas telah berekspansi ke luar negeri dan masuk ke pasar syariah. Aksi korporasi ini dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan BIMB Securities Sdn Bhd (BIMB Securities).

Sebelumnya, MNC Sekuritas telah menggandeng perusahaan sekuritas asal Vietnam Bao Viet Joint Stock Company. Harapannya, MNC Sekuritas dapat menangkap peluang pasar di kawasan regional Asia.

Selain itu, pada tahun 2017 MNC Sekuritas berhasil memiliki 103 point of sales, diantaranya merupakan 66 galeri investasi di universitas dan sekolah tinggi di Indonesia, dan termasuk di dalamnya galeri investasi syariah.

Masuknya MNC Sekuritas ke pasar modal syariah berangkat dari semangat korporasi yang melihat kebutuhan industri ekonomi Syariah. Saat ini, MNC Sekuritas termasuk dalam 12 sekuritas Indonesia yang memiliki Sharia Online Trading System (SOTS) dan telah memperoleh sertifikat dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

Prestasi gemilang juga diraih PT MNC Kapital Indonesia Tbk sebagai salah satu perusahaan induk jasa keuangan terintegrasi di Indonesia, yang berhasil meraih dua penghargaan dalam acara the 9th IICD Corporate Governance Award.

Di industri asuransi, PT MNC Life Assurance meraih penghargaan sebagai Top 5 Best Claim Service for Life Insurance Company dalam ajang Indonesia Insurance Consumer Choice Award (IICCA) 2017.

Sementara itu, kinerja MNC Bank di tahun 2017 juga menanjak dengan laju pertumbuhan kredit properti MNC Bank mencapai 40% di kuartal III/2017, dengan rata-rata transaksi forex sebesar USD 100 juta per bulan atau naik empat kali lipat dibanding sebelumnya.

Aplikasi ‘punyacelengan’ yang dikembangkan MNC Bank telah menjadi mobile apps pertama di Indonesia yang dikembangkan sebagai solusi bagi orang tua dalam memberikan pemahaman dasar dan edukasi akan nilai uang (value of money) kepada anak usia dini dengan konsep permainan yang menyenangkan (gamification).

Baca juga:  Resmi Ketua Umum Tarung Derajat, HT: Saya Ingin Olahraga Ini Mendunia

Deretan prestasi tersebut tak lepas dari kerja keras dan komitmen kita bersama, sebagai wujud nyata dari prinsip bekerja yang memegang teguh visi, berorientasi pada kualitas (quality) dan bergerak cepat (speed). Saya berharap agar prinsip kerja tersebut akan menjadi budaya kerja kita bersama guna mewujudkan prestasi kerja yang konsisten bagi diri kita sendiri, MNC Group dan masyarakat.

Selain hal-hal yang bersifat komersial, kita juga menunjukkan kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat melalui CSR MNC Peduli, melakukan rangkaian kegiatan sosial mulai dari operasi kesehatan gratis, aktivitas peduli lingkungan, hingga pembangunan infrastruktur yang ditujukan untuk mendorong pembangunan ekonomi masyarakat bawah khususnya.

Kegiatan CSR lainnya termasuk penanganan bahaya penyalahgunaan narkoba. Belum lama ini, MNC Group melalui PT Lido Nirwana Parahyangan (anak usaha MNC Land) menghibahkan tanah seluas 1.800 meter persegi dan pinjam pakai tanah 1,6 hektare milik PT LNP kepada Badan Narkotika Nasional (BNN).

Rekan-rekan MNC yang saya banggakan,
Selain pencapaian dan keberhasilan, kita juga menemui hambatan dan tantangan sepanjang tahun 2017. Namun, semua itu berhasil dilalui dan justru akan mendorong kita semua untuk melompat lebih tinggi lagi.

Mari kita terus bersatu padu dalam visi yang sama dengan landasan kerja keras, memperkuat teamwork, saling melengkapi dan tidak pernah menyerah sebelum tujuan kita tercapai, yaitu tidak hanya menjadikan organisasi kita terdepan dan disegani, tapi juga sekaligus ikut membangun bangsa dan negara yang kita cintai.

Selamat Tahun Baru 2018.
Selamat bekerja dan sukses bagi kita semua.

Hary Tanoesoedibjo

Chairman MNC Group

Tags: