Ketik pencarian Anda

MNC Financial Services MNC Terkini

Memikat, Nabung Saham Melalui MNC Sekuritas Digemari Investor Muda

JAKARTA – Investasi di pasar modal kian digemari kalangan anak muda. Berbagai strategi untuk mendorong literasi pun aktif dilakukan MNC Sekuritas demi meningkatkan penetrasi pasar modal di tengah masyarakat Indonesia.

Hal tersebut dilakukan dengan terus meresmikan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) yang hingga kini mencapai 106 yang tersebar di berbagai kampus di seluruh Indonesia.

Terbaru, perusahaan yang berada dibawah naungan MNC Group ini membuka GI di Universitas Krisnadwipayana (Unkris), Jakarta. Perseroan secara khusus telah melatih (trainer of trainers) 15 orang untuk menurunkan ilmunya kepada rekan lainnya.

Salah seorang mahasiswa jurusan manajemen FE Universitas Krisnadwipayana Alfa Ricky Oktafian mengaku telah menekuni dunia pasar modal sejak baru masuk kuliah tahun 2016 silam. Dia pun tertarik untuk berinvestasi setelah membaca blog para trader pasar modal yang sukses. Investasi pertamanya dimulai Rp100 ribu dan kemudian terus ditambah bertahap hingga mencapai Rp1,3 juta.

“Saya baca kisah sukses trader pasar modal yang mampu beli mobil VW dalam empat bulan. Karena itu saya tertarik untuk mempelajari hingga sekarang,” ujar Alfa dalam peresmian Galeri Investasi milik MNC Sekuritas.

Dia melanjutkan, dulu dia memilih untuk bertransaksi dalam hitungan menit dan butuh waktu sekitar lima bulan hingga bisa menebak arah pergerakan saham. Namun kini dia mulai beralih untuk menabung saham atau berinvestasi pada beberapa saham yang memiliki fundamental dan tren menjanjikan.

Baca juga:  Tersingkir dari Indonesian Idol, Joan Pilih Pulang ke Papua

“Dulu saya transaksi setiap menit yang membuat saya stres. Namun bersama MNC Sekuritas saya ingin investasi pada beberapa saham emiten saja. Transaksi di komputer dilakukan hanya sekali dalam sehari di luar jam kuliah. Ini jauh lebih tenang,” ujarnya.

Menurutnya, tantangan menabung saham ialah memahami fundamental suatu emiten dan memprediksi bagaimana arahnya ke depan. Dia memanfaatkan hari perdagangan dengan memantau pergerakan harga dan saat perdagangan berhenti, dia mengevaluasi rekam jejak pergerakan saham tersebut. Oleh sebab itu, dia berharap perusahaan sekuritas dapat memberikan ilmu dan masukan untuk membaca tren suatu emiten.

“Saya biasanya berpatokan pada fluktuasi harga, apakah itu naik atau turun harganya maksimal Rp4.000. Ada beberapa saham yang selalu stabil. Karena itu kami butuh pendamping dari perusahaan sekuritas dan dosen,” terangnya.

Alfa menyebut, bahwa pihak keluarga mendukung dirinya untuk menekuni investasi pasar modal. Dia terobsesi untuk menjadi pengusaha di bidang pangan dan menjadikan investasi ini sebagai pendukung.

“Saat ini saya sudah niatkan menginvestasikan uang tabungan Rp500 ribu setiap enam bulan. Karena saya masih sibuk kuliah, ya segitu mampunya,” tukasnya.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1