Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Gelar Seminar, MNC Animation Ajak Anak Muda Bandung Berkarier di Industri Animasi

BANDUNG – MNC Animation menggelar seminar bertajuk “Start Your New Career in Bandung Animation: Anination, Concept art, Digital Art, Design, Portofolio Review, dan Networking” di Eduplex Bandung, Jalan Ir H Djuanda (Dago), Kota Bandung, Sabtu (16/3/2018).

Pada kesempatan ini, perusahaan yang berada dibawah naungan MNC Group tersebut mengajak anak muda kreatif di Kota Bandung agar memulai karier di industri animasi.

Seminar yang dihadiri tak kurang dari seratus peserta itu, menghadirkan dua MNC Animation Chief Creative & Production Officer Seung-Hyun Oh (Shoh) dan Larry Whitaker, sebagai keynote speaker.

Shoh mengatakan, seminar ini dimaksudkan untuk bertemu dan berbincang dengan sebanyak mungkin anak muda kreatif, khususnya animasi, di Kota Bandung. Seperti diketahui, Kota Bandung dikenal dengan kota kreatif.

“Dari seminar ini, diharapkan mereka tertarik untuk berkarier di industri animasi. Tujuannya untuk memajukan industri animasi Indonesia agar bisa semakin dipandang oleh dunia internasional,” katanya.

Sementara itu, Larry Whitaker mengungkapkan, dalam seminar ini lebih banyak dialog dan diskusi tentang animasi. Dia juga memaparkan sejarah animasi dari periode awal sampai saat ini.

“Saya tadi menjelaskan bagaimana memproduksi dan membuat animasi secara manual hingga kini menggunakan komputer. Tujuannya untuk membuka wawasan peserta seminar tentang industri animasi. Pesan saya, lakukan apa yang Anda suka, agar orang menyukai hasil karya Anda,” ungkap Larry.

Baca juga:  Seminggu Tayang, Tiket Koki-Koki Cilik 2 Ludes

Menurut Larry hal paling penting dalam membuat film animasi adalah cerita, keahlian dalam membuat animasi, dan kecintaan terhadap animasi.

“Asah terus skill dan temukan karakter animasi asli dari Anda. Jangan pernah berhenti belajar. Buat cerita bagus. Ciptakan karakter Anda hidup. Bukan berarti komputer dan peralatan pendukung tidak penting. Berikan empati dan simpati kepada karakter yang Anda buat baik protagonis maupun antagonis,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, para peserta juga diwajibkan membawa portofolio mereka. Shoh dan Larry pun menyempatkan diri untuk melihat dan memberikan pandangan mereka terhadap hasil portofolio yang dibawa peserta.

Keduanya berharap, dengan diselenggarakannya acara seminar ini, mata para calon-calon animator berbakat ini semakin terbuka dalam melihat perkembangan dunia animasi di Indonesia.

Sebagai informasi, Shoh merupakan pakar animasi dari Korea Selatan. Selain animator, Shoh juga, seorang desainer, penulis skenario, dan sutradara film animasi di Dreamworks, Walt Disney, dan Warner Bros. Karya-karya Shoh yang telah 26 tahun terjun ke industri animasi, tayang di saluran televisi di Amerika Serikat, Jepang, dan  Korea.

Sementara Larry Whitaker merupakan pakar animasi asal Los Angeles, Amerika Serikat. Larry telah banyak terlibat dalam pembuatan film-film animasi ternama produksi Disney dan Warner Bros, seperti Mickey Mouse, Bugs Bunny, Winnie the Pooh, Tom & Jerry, dan Veggie-tales. Selain itu, dia juga memproduksi film animasi sendiri secara independen.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1