Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Gaji Nggak Cuma Numpang Lewat? Bisa Kok

Foto: Istimewa

Asyik, udah gajian nih! Kerja keras sebulan terbayar sudah. Sayangnya, tak jarang gajian terkesan ‘numpang lewat’ karena habis untuk bayar cicilan, tagihan, dan seterusnya.

Agar gajimu nggak hanya numpang lewat di rekening, yuk ikuti enam tips cerdas berikut ini!

1. Tetapkan pos pengeluaran rutin


Kamu wajib membuat pos pengeluaran rutin setiap bulan. Pos ini tidak boleh diganggu gugat. Misalnya uang makan 30 hari, uang keluarga, biaya sewa/cicilan tempat tinggal jika ada, ongkos transportasi/bensin, biaya asuransi, dan biaya pulsa.

2. Sisihkan tabungan di awal bulan


Setelah gaji diamankan untuk jatah pengeluaran, segera sisihkan untuk tabungan. Jangan menabung di akhir, saat gaji tersisa. Akan lebih baik jika kamu buat rekening lain khusus tabungan.

3. Bawa uang tunai secukupnya

Kamu nggak perlu membawa uang tunai terlalu banyak di dompet. Bawa secukupnya. Kamu akan lebih irit dan berpikir ulang untuk belanja, kalau uangmu terbatas.

4. Siapkan dana tak terduga


Nggak bakal ada yang tahu, kejadian di 30 hari ke depan. Siapa tahu kamu ada urusan mendadak. Dana tak terduga harus disiapkan ketika gajian, ya.

5. Catat setiap pengeluaran


Catatan pengeluaran akan mengontrol kebiasaanmu. Usahakan catat pengeluaranmu setiap hari, atau setidaknya setiap minggu. Kamu akan tahu, ke mana saja gajimu pergi.

6. Gunakan gaya hidup minimalis dan efisien

Baca juga:  Tiga Resep Masakan di Akhir Pekan, Cek di Sini

Sebanyak apapun gajimu, nggak bakal cukup kalau kamu hedon. Kini, di dunia global sedang nge-tren gaya hidup minimalisme, yang serba efisien dan tidak menghamburkan uang berlebihan. Kenapa kamu nggak coba mengikuti pola hidup tersebut?