Ketik pencarian Anda

MNC Terkini

Forum Perhubungan MNC Group Ajak Swasta Investasi Infrastruktur Transportasi

JAKARTA – Pemerintah mendorong berbagai skema pembiayaan sehingga pembangunan infrastruktur tak lagi hanya mengandalkan APBN. Skema pembiayaan yang inovatif dan kreatif dalam pembangunan infrastruktur akan memperkuat ketahanan fiskal pemerintah.

Hal tersebut mengemuka dalam Forum Perhubungan yang digelar MNC Group dan Kementerian Perhubungan di Hotel Santika Hayam Wuruk, Jakarta, Rabu (7/11/2018). Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Sekjen Kemenhub) Djoko Sasono.

Dijelaskan, Forum Perhubungan ini mengusung tema ‘Pembiayaan Kreatif Pembanguan Infrastruktur Transportasi Indonesia’. Ini dinilai sangat penting untuk mencari pembiayaan lain dalam membangun infrastruktur. Khususnya pembangunan infrastruktur transportasi yang tidak kalah pentingnya dengan pembangunan jalan maupun jalan tol.

Dengan forum ini diharapkan bisa membuat investor swasta tertarik pada skema KPBU yang ditawarkan pemerintah. “Kami berharap melalui Forum Kemenhub, isu KPBU bisa dibahas secara tuntas sehingga harapan dan tujuan kita untuk memajukan negeri melalui pembangunan infrastruktur Indonesia bisa berjalan dengan baik,” ujar Djoko.

Lebih lanjut ia menyampaikan, tidak semua pembangunan infrastruktur khususnya transportasi bisa didanai oleh APBN. Sebab untuk transportasi saja, dibutuhkan dana sekitar Rp1.200 triliun untuk membangun infrastruktur.

Ia menjelaskan, Jika pembiayaan seluruhnya berasal dari APBN, maka pembangunan infrastruktur tidak akan jalan. Oleh karenannya dibutuhkan peran swasta dalam pembangunan infrastruktur melalui skema KPBU.

“Saya berharap upaya yang kita lakukan bersama mampu membuat para pihak swasta tertarik membuat investasi bisnis transportasi di Indonesia. Hal tersebut merupakan kontribusi sektor swasta dalam membangun infrastruktur Indonesia,” paparnya.

Baca juga:  Tak Menyangka Menang ADI 2018, Sibad Histeris di Panggung

Selain Djoko Sasongko, forum ini juga dihadiri Direktur Jenderal Pengelolaan dan Pembiayaan Kementerian Keuangan Luki Alfirnan, dan Direktur Kerja Sama Pemerintah-Swasta Rancang Bangun Kementerian PPN/Bappenas Dadang Jusron.

Hadir juga Direktur Utama PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PTPII) Armand Hermawan, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar hingga Presiden Direktur Bumi Serpong Damai (BSD) Francisus Xaverius.*

 

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1