Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Fed Rate Diramal Naik, Rupiah Akan Tembus Rp14.000/USD

JAKARTA – Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diperkirakan bisa pecah ke level Rp14.000/USD. Pelemahan ini lantaran investor sudah menunggu kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat atau Fed rate.

Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang memprediksi Fed rate akan naik pada bulan depan menyusul membaiknya data inflasi dan ketenagakerjaan di Amerika Serikat.

“Saya perkirakan The Fed akan menaikan Fed rate bulan Juni. Data ketenagakerjaan mau dilihat arah yang diperkirakan mencapai 2%,” ujarnya kepada SINDOnews.

Edwin memprediksi rupiah pekan ini akan bergerak di kisaran Rp13.900/USD-Rp14.050/USD. Kendati demikian, pergerakan tersebut tetap disesuaikan oleh suplai dan permintaan dari USD.

“Pergerakan rupiah banyak tergantung dari besarnya permintaan akan USD, terutama apakah ada kepanikan di pasar obligasi,” kata dia.

Sebagai informasi, The Fed pada Rabu kemarin mengumumkan untuk mempertahankan suku bunga tetap dan pelaku pasar akan mengamati potensi adanya kenaikan suku bunga pada Juni.

Pasar juga fokus pada laporan non farm payrolls bulan april April pada akhir pekan yang dapat memberikan tanda-tanda kekuatan lebih lanjut dalam ekonomi Amerika Serikat. (Sindonews/Yanuar Riezqi Yovanda)

Andini