Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Fantastis! Laba MSI Meroket 73,4 Persen

Foto : MNC Media

JAKARTA – Secara impresif PT MNC Studios International Tbk (MSI) mengumumkan torehan laba fantastisnya. Tak tanggung tangung laba bersih MSI meroket, hingga tembus diatas 70 persen. Tercatat sepanjang 2018 laba bersih MSIN melambung ke 73,4 persen dari Rp121,5 miliar menjadi Rp210,7 miliar. Begitu pula dengan kinerja gemilang perseroan, yang berhasil mendongkrak pendapatan hingga 35,7 persen (year on year/YoY). Tercatat sebelumnya pendapatan Rp1,112 triliun melesat hingga Rp1,509 triliun.

Presiden Direktur MNC Studios International Ella Kartika mengatakan pencapain tahun lalu melebihi ekspektasi perusahaan. Bahkan drama seri produksi MNC Studios berhasil merajai posisi 10 teratas di Indonesia. Dengan meraih torehan ini, Perusahaan, menurutnya, terus akan berupaya mempertahankan pencapaian tersebut.

“Kami sangat termotivasi dengan kinerja perusahaan sepanjang tahun lalu dan akan fokus untuk mempertahankan posisi kami di pasar dengan memperkuat fundamental bisnis untuk memastikan yang terbaik di kelasnya dan memperluas skala pertumbuhan,”ujar Presdir MSI dalam siaran pers perusahaan Rabu (27/2/2019).

Sebelumnya sepanjang periode yang sama, perusahaan menorehkan kinerja yang mengesankan di seluruh unit operasinya. Pendapatan konten perusahaan misalnya, mencapai Rp1,856 triliun pada 2018 atau tumbuh 89,4% (YoY) dari Rp980,2 miliar pada 2017.

Ia mengungkapkan bahwa pendapatan konten yang telah diproduksi meningkat signifikan berkat ekspansi di internal produksi dan monetisasi perpustakaan konten. Salah satunya menggenjot produksi serial drama menjadi lebih dari 3.500 jam.

Baca juga:  Road To Kilau Raya 2019 Kembali Pikat Para Penonton

Perseroan memproduksi serial drama 3.296 jam dengan pangsa pasar 32 persen sepanjang tahun lalu. Angka tersebut meningkat dibandingkan 2017 sebesar 2.610 jam.

“Pada 2019, kami menargetkan untuk memproduksi lebih dari 3.500 jam serial drama. Lebih lanjut, perseroan juga sangat produktif membuat konten infotainment melalui Starpro dengan mengamankan 26 persen pangsa pasar sekaligus reality show sebesar 507 jam dengan 28 persen pangsa pasar,” ungkapnya.

Semua program serial drama yang diproduksi oleh MNC Pictures, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh MSIN, berhasil ditayangkan 5 dari 10 seri drama top sejauh ini pada tahun 2019. Seri drama berperingkat teratas adalah “Dunia Terbalik”, “Cinta yang Hilang”, “Tukang Ojek Pengkolan (TOP)”, “Fatin di Kampung Jawara” dan “Kun Anta 2”.

Pertunjukan luar biasa ini menurutnya akan menguntungkan pendapatan perusahaan melalui insentif tambahan untuk peringkat program teratas serta sponsor bawaan dan penempatan iklan virtual, di mana pendapatan dibagi 50:50 dengan TV. Dukungan sponsor dan iklan virtual dapat ditingkatkan dengan mudah untuk berkontribusi lebih lanjut dan memaksimalkan pertumbuhan pendapatan keseluruhan untuk Perusahaan.

Di sisi lain, grup ini memiliki 20 saluran berbayar (MNC Channels) dan bersama-sama dengan empat FTA di platform TV berbayar/IPTV di Indonesia mengendalikan pangsa pasar sebesar 25% secara nasional. “Ini akan terbukti menjadi pendorong pertumbuhan lain bagi MSIN untuk bergerak maju karena tingkat penetrasi pelanggan TV berbayar masih relatif rendah,” ujarnya.

Baca juga:  MNC Trijaya Ungkap Strategi Inovasi di Era Digital

Untuk tahun ini, Presdir MSI yakin kinerja perusahaan akan semakin mengkilap. Tahun ini, perusahaan menargetkan pendapatan sebesar Rp1.880 miliar atau meningkat 25% (YoY), EBITDA Rp400 miliar (meningkat 17% YoY) dan laba bersih Rp260 miliar (meningkat 24% YoY).

“Kami sangat termotivasi dengan kinerja 2018. Kami akan fokus untuk mempertahankan posisi pasar kami, memperkuat fundamental bisnis untuk tetap menjadi yang terbaik di kelasnya dan memperluas skala dan pertumbuhan,” tegasnya.