Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini Uncategorized

Fakta Tersembunyi dari Sinetron Nyai Roro Kidul

Foto : MNC Media

JAKARTA, MNC Pictures kembali mempersembahkan sinetron terbaru. Berbeda dengan sinetron lainnya, kali ini MNC Pictures menyajikan sebuah sinetron kolosal yang diangkat dari legenda Nyi Roro Kidul dan mengangkat judul yang sama.

Nyi Roro Kidul, kita sudah tahu merupakan dewi legendaris, sang penguasa Pantai Selatan atau Samudera Hindia yang sangat populer di kalangan masyarakat Jawa. Dalam tayangan di MNCTV, kisah ini masih memiliki keterkaitan antara cerita Nyi Roro Kidul dan Jaka Tarub.

Nah, mau tahu lebih banyak tentang sinetron ini? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Siapakah sebenarnya Nyai Roro Kidul?

Robert Wessing dalam “A Princess from Sunda: Some Aspects of Nyai Roro Kidul,” Asian Folklore Studies Vol. 56 tahun 1997, menyatakan bahwa Ratu Kidul ini mulanya adalah putri dari Kerajaan Galuh, sekira abad 13. Ada pula versi yang menyebut dia adalah keturunan penguasa Pajajaran. Kemudian ada yang mengatakan dia keturunan Raja Airlangga dari Kahuripan, bahkan masih ada yang mengaitkannya dengan Raja Kediri Jayabaya.

2. Mimpi aneh

Talitha Curtis Winn mendapat tantangan baru dalam berakting, yakni memerankan sosok ikonis penguasa Pantai Laut Selatan itu. Meski senang telah dipercaya membawakan karakter Nyi Roro Kidul, tak dipungkiri ia juga deg-degan. Yang menarik, Talitha mengalami hal ganjil saat melakukan proses syuting sinetron Nyo Roro Kidul di Pangandaran.

Baca juga:  MNC Group Berangkatkan Karyawan Terbaik Umrah ke Tanah Suci

“Ketika aku syuting di Pangandaran, aku tidur, aku mimpi tapi kayak bukan mimpi. Jadi aku ngeliat aku tidur, dan aku keluar dari penginapan itu, ke pantai dan semuanya berubah jadi warna hijau. Dari air, pasir, karang, manusia, semua berubah jadi warna hijau,” ungkapnya.

Video : Elok Nuriyatur Rosyidah

3. Mahkotanya 2 Kg

Selain harus mampu mendalami peran yang tidak mudah, Talitha juga harus dihadapkan tantangan untuk menggunakan pakaian dan mahkota yang berat selama proses syuting.

“Pakaiannya, jubahnya itu berat banget. Mahkotanya seberat 2 kg, awalnya keberatan sih. Sempat ngerasa aduh sakit banget. Cuman lama-lama sudah terbiasa di lokasi syuting dan setelah melihat tayangannya aku puas banget,” ujar Talitha Curtis.

4. Jalani ritual

Untuk mendalami peran, Talitha bahkan harus menjalani puasa dan ritual khusus.”Mendalaminya aku ngelakuin ritual waktu shooting di Pangandaran. Sekaligus aku puasa Senin-Kamis juga untuk mendalami peran sebagai Nyai Roro Kidul,” katanya.

5. Penggabungan cerita rakyat

Kisah Nyai Roro Kidul yang ditayangkan di MNCTV, berawal dari munculnya 7 bidadari cantik yang sedang mandi di sendang yang salah satunya bernama Dewi Nawangwulan. Joko Tarub si pemuda ganteng kaget melihat pemandangan yang tak biasa ia saksikan, langsung berniat untuk mencuri pakaian bidadari yang berada tak jauh dari sendang.

Dewi Nawangwulan yang putus asa merasa terhibur dengan kehadiran Joko Tarub. Keduanya saling jatuh cinta, menikah, hingga punya seorang anak. Sampai akhirnya Dewi Nawangwulan menemukan selendangnya di lumbung padi dan kembali ke khayangan.

Baca juga:  Prahara di Bukik Tuo: Kesaktian Citra Hancurkan Desa

Sayangnya, Dewa tidak mau menerima Dewi Nawangwulan yang sudah tidak suci. Ia jatuh ke Laut Kidul dengan tubuh yang penuh sisik. Sementara itu, Panguwoso Sagoro, sang penguasa Laut Kidul, tidak mau ada perempuan di wilayahnya. Ia berperang melawan Dewi Nawangwulan namun kalah telak. Kemenangan tersebut mengukuhkan Dewi Nawangwulan sebagai penguasa Laut Kidul yang baru.

Nah itulah sederet fakta tentang Nyai Roro Kidul. Jangan lupa saksikan serial Nyi Roro Kidul dengan durasi lebih panjang setiap hari mulai 21.40 WIB di MNC TV.