Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo: Visi dan Business Model MNC Leasing Sudah Baik

Foto: MNC Media

JAKARTA – PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNC Leasing) selaku perusahaan pembiayaan yang berada di bawah naungan PT MNC Kapital Indonesia Tbk mengadakan rapat kerja nasional (Rakernas) yang mengusung tema “Victory in Harmony”. Rakernas berlangsung selama empat hari yakni pada 14-17 Januari 2020.

Pada kesempatan tersebut, Executive Chairman Hary Tanoesoedibjo (HT) memberikan pidato kunci. Ia menuturkan, tahun ini MNC Leasing memiliki tantangan yang berat, terlebih karena perseroan mencanangkan tumbuh hampir 100 persen.

“Itu sangat luar biasa. Tidak mudah. Tapi saya yakin, dengan management yang ada saat ini, mereka mampu untuk melaksanakan itu,” kata HT, usai memberikan pidato kunci Rakernas MNC Leasing, di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya, MNC Leasing sudah memiliki visi dan business model yang baik. “Tinggal speed, harus digenjot dan tentunya team work juga terus ditingkatkan. Karena, makin besar, tentunya komunikasi team work satu sama lain semakin penting,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur utama MNC Leasing Paulus Cholot Janala menjelaskan rincian rakernas. Dua hari pertama akan fokus pada rakernas untuk membahas strategi bisnis tahun 2020, sedangkan dua hari berikutnya akan difokuskan untuk pelatihan karyawan.

Ia mengatakan, pada tahun ini pihaknya menargetkan pertumbuhan total aset hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Untuk mencapai target dua kali lipat yang dicanangkan tersebut MNC Leasing tetap akan mengandalkan pembiayaan berbasis aset sebagai kekuatan utama.

Baca juga:  Bebas Polusi, Pulau Ini Cocok untuk Warga Jakarta

Di samping itu, MNC Leasing juga akan fokus mempersiapkan pembiayaan anjak piutang dan operating lease kendaraan operasional sebagai salah satu tulang punggung yang diandalkan pada tahun 2020. Tidak ketinggalan pula, Unit Usaha Syariah MNC Leasing, ditargetkan dapat tumbuh maksimal dengan produk pembiayaan utama pembiayaan porsi dana haji.

“Diharapkan dengan berjalannya seluruh bisnis ini, target untuk go double di tahun 2020 dapat tercapai,” tutup Paulus.

Direktur Keuangan MNC Leasing Henri Gunawan menambahkan, pelaksanaan raker selama empat hari ini menunjukkan bahwa MNC Leasing tidak hanya fokus di dalam pengembangan bisnis namun juga pada pengembangan sumber daya manusia (people).

Terkait pencapaian tahun 2019, meskipun situasi industri pembiayaan sepanjang tahun 2019 dapat dikatakan kurang baik, namun MNC Leasing masih dapat menghasilkan performance yang positif, hal ini terlihat dari bertumbuhnya MNC Leasing baik dari sisi asset managed maupun laba bersih sebesar 10%.

Pada tahun 2019, MNC Leasing berhasil membukukan total aset kelola (asset managed) sebesar Rp1,1 triliun atau naik 10% dibandingkan total aset kelola (asset managed) tahun 2018 yang sebesar Rp1 triliun. Sedangkan untuk aset tercatat di buku (on balance sheet) sedikit menurun dibandingkan tahun lalu yaitu sebesar Rp.747,6 M dari tahun sebelumnya sebesar Rp.788,3 M.

“Penurunan tersebut semata-mata karena faktor pembiayaan executing yang belum sepenuhnya dapat mencukupi potensi bisnis yang ada. Perseroan percaya dan optimis di tahun 2020 dengan support yang lebih baik lagi dari perbankan akan dapat meningkatkan baik total aset kelola (asset managed) maupun total asset buku (on balance sheet) secara signifikan dan juga tingkat profitabilitas yang lebih baik lagi,” jelas Henri.

Baca juga:  Saksikan Z-Pop Dream Indonesia 2019 di MNC Now
Video: Erry Dwi