Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Es Tape Ketan Bakung, Segarkan Buka Puasamu

Foto: Instagram

Kawasan Cirebon, Jawa Barat ternyata memiliki minuman khas yang tidak bisa dijumpai di tempat lain. Minuman tersebut adalah es tape ketan Bakung yang biasa diburu untuk buka puasa. Minuman segar ini berasal dari wilayah Bakung, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon. Minuman ini sangat diburu wisatawan lokal. Rasanya yang begitu nikmat, membuat minuman ini cocok melepas dahaga.

Es tape ketan Bakung ini terbuat dari ketan yang difermentasi, kemudian diberi air yang sudah dicampur daun katuk, sebagai pemanis serta pewarna alami. Rasa manis bercampur dengan asam hasil dari ketan yang difermentasi, menambah citarasa unik pada minuman ini.

Atmi (33), salah seorang pedagang es tape ketan Bakung menjelaskan bahwa minuman ini sudah ada sejak dulu. Kini es tape ketan Bakung sering diburu oleh masyarakat Cirebon, karena citarasanya yang unik. “Rasanya asam manis. Rasa asam berasal dari ketan yang difermentasikan, makanya disebut tape,” ujarnya seperti dilansir Okezone, Senin (20/5/2019).

Atmi mengaku, untuk membuat es tape ketan Bakung, diperlukan waktu selama 4 jam untuk fermentasi ketan. Selama bulan Ramadan, ia menuturkan banyak masyarakat yang menjadikan es tape ketan Bakung sebagai takjil berbuka. “Harganya itu cuman Rp3000 saja. Biasanya bisa buat sampai 80 atau 100 bungkus,” pungkasnya.

Tags: