Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Diskusi Sindo Weekly Forum: Penambahan Objek Cukai Bakal Tingkatkan Penerimaan Negara

JAKARTA – Majalah Sindo Weekly kembali menggelar diskusi rutin yang mengangkat isu-isu aktual. Kali ini, media cetak milik MNC Group itu mengusung tema “Peningkatan Rasio Penerimaan Negara terhadap PDB Melalui Kebijakan Cukai”.

Pada acara yang digelar di Auditorium Gedung Sindo, Jakarta, Selasa (3/7/2018) tersebut, hadir sebagai pembicara yaitu Direktorat Jenderal Bea Cukai Nugroho Wahyu, Anggota DPR RI Amir Uskara, dan ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani.

Diungkapkan oleh Nugroho Wahyu, pemerintah tengah mengkaji penambahan atau ekstensifikasi berbagai objek yang memenuhi karakteristik barang kena cukai. Selain untuk menambah penerimaan negara, alasan lainnya adalah karena pertimbangan kesehatan dan lingkungan hidup.

“Karena cukai yang ada di Indonesia sekarang ini baru tiga objek saja yaitu alkohol, minuman mengandung alkohol dan rokok atau hasil tembakau,” ujarnya.

Dia juga menyinggung tentang pengenaan cukai kantong plastik di minimarket yang sempat bergulir beberapa waktu lalu. “Karena itu tidak terlalu pas untuk apa dan yang atur siapa uang dari pengenaannya itu, makanya kami kenakan di hulunya sehingga nanti pengenaannya itu pun nanti untuk daur ulang dan sebagainya,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga hadir sebagai pembicara menuturkan perlunya kehati-hatian dalam penyusunan dan pengenaan suatu kebijakan termasuk cukai.

“Harus jelas pembuatan UUnya dasarnya apa. Ini sejak tahun lalu, kadang pemerintah tidak boleh gegabah dalam melaksanakan kebijakan jangan ada kegaduhan. Oleh karena itu kami hati-hati,” ucapnya.

Baca juga:  Mantul! MNC Bank Sabet Penghargaan GRC

Terkait pengenaan cukai terhadap gula atau pemanis, ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani menambahkan pengenaan cukai pada gula masih sulit untuk diterapkan. Sebab, gula dan beras masih menjadi bahan pokok bagi masyarakat Indonesia.

“Perlu adanya sosialisasi terkait konsumsi gula dan beras. Karena dua hal itu adalah penyebab kelebihan kalori. Dua hal ini perlu dipertimbangkan untuk dikenakan cukai terutama gula. Karena dampaknya terhadap kesehatan,” tuturnya.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1