Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Cuaca Panas Bisa Sebabkan Sakit Kepala hingga Kematian

JAKARTA   Banyak dari kita yang jatuh sakit saat musim hujan. Tetapi bukan musim hujan saja yang harus diwaspadai. Saat musim panas daya tahan tubuh bisa saja menurun. Menurut direktur program iklim dan kesehatan di Pusat Komunikasi Perubahan Iklim Universitas George Mason, Amerika Serikat Dr Mona Sarfaty, ketika suhu di atas normal selama rentang beberapa hari dapat membuat tubuh kita stres.

“Panas dapat mempengaruhi bayi dan orang dewasa yang lebih tua, serta orang-orang yang bekerja di luar ruangan yang tidak memiliki akses ke AC, atau memiliki kondisi kesehatan yang diperparah oleh cuaca panas,” kata Sarfaty seperti dikutip iNews.id dari Healthline, Rabu (3/4).

Tubuh yang stres seperti dikatakan Sarfaty adalah suatu kondisi di mana kepala Anda terasa sangat pusing hingga ingin pingsan. “Gejala lain penyakit terkait cuaca panas termasuk sakit kepala dan detak jantung yang cepat,” katanya.

Beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu dapat rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan cuaca panas. Misalnya mereka dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), alergi, dan asma yang lebih rentan ketika suhu lebih tinggi.

Hal ini karena peningkatan karbondioksida atmosfer yang menyebabkan suhu meningkat. Bahkan  Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat ada 7.415 kematian karena cuaca panas selama rentang waktu 1999 hingga 2010.

Baca juga:  Tips Hidup Sehat agar Terhindar dari Stres Berdasarkan Zodiak di 2018

Sumber: iNews.id

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1