Ketik pencarian Anda

Chairman Activities MNC Media MNC Terkini

Chairman MNC Group Paparkan Keberhasilan Bisnis Media dalam Investor Gathering 2019

Foto : MNC Media

JAKARTA – PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) menunjukkan keberhasilannya mendiversifikasikan usaha ke digital dan konten. Terbukti, pendapatan dan laba perseroan terus tumbuh hingga di posisi double digit.

“Kini, MNCN bukan lagi media konvensional saja, tapi sudah berhasil diversifikasi ke segmen atau sektor yang sekarang memang sangat tinggi pertumbuhannya, yaitu content and digital,” kata Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo pada ajang Investor Gathering, di iNews Center.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyebutkan saat ini, sekitar 24,8% atau hampir 25% dari total revenue MNCN berasal dari kontribusi digital dan konten. Sisanya, dari non digital advertising revenue sebesar 75%.

Selanjutnya, Chairman MNC Group mengatakan dalam 3 tahun mendatang atau pada akhir tahun 2022, target pendapatan digital dan konten akan merepresentasikan menuju angka 40% daripada total revenue. “Dan untuk 5 tahun ke depan diharapkan lebih dari 50%. Jadi, dari sini bisa kelihatan, we are gaining market share yang sangat dominan di digital dan content,” lanjut Chairman MNC Group.

Kesuksesan MNCN ini juga tidak terlepas dari mampunya mempertahankan bisnis televisi konvensional di saat masifnya perkembangan era digital.

Tak hanya itu, terobosan MNCN di bidang digital dan konten pun sudah banyak yang berjalan. Pertama, mobile apps yang memiliki aktivitas tinggi, seperti voting, kuis dan lain sebagainya, sehingga menghasilkan traffic yang tinggi. Kedua, di media sosial, MNCN merupakan salah satu channel yang menghasilkan view terbesar di dunia.

Baca juga:  Chef Billy Bikin Cita Rasa Baru di Rombak Warung

Hingga Agustus 2019, sudah ada 20,1 miliar view untuk YouTube MNCN. Pendapatan dari YouTube pun ada tiga sumber, yaitu revenue share, produksi konten untuk pihak ketiga dan multi channel network license.

Pada 23 Agustus lalu, MNCN juga sukses meluncurkan RCTI+, aplikasi streaming untuk empat televisi yang juga memiliki konten-konten original, seperti bloopers, behind the scene, audisi dan banyak lagi.

Ada berbagai fitur yang dimiliki RCTI+, seperti live streaming, informasi hal yang sedang trending, konten eksklusif RCTI+, dan program pilihan. Selain itu, ada fitur catch up TV bagi yang mau menonton acara hingga 7 hari ke belakang, mesin pencarian dan konten singkat atau story dari RCTI+.