Ketik pencarian Anda

Chairman Activities MNC Media MNC Terkini

Chairman: Dunia Usaha Harus Bisa Beradaptasi

Foto : MNC Media

JAKARTA – Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menegaskan bahwa dalam dunia usaha, istilah strategi yang tepat itu bukanlah apa yang sekedar dilihat dan apa yang dipikirkan saja. Namun jauh dari itu, jelas dia, “tepat” adalah bagaimana perusahaan mampu bertahan berkat strategi dan inovasi yang diterapkannya.

Ia memberi contoh, sebuah perusahaan Disney. Di mana, pada tahun 2018 keuntungan Disney mencapai USD12 miliar atau ekuivalen Rp160-170 triliun. Disney dengan strategi yang diterapkannya sebelum mengambilalih Fox mampu meraup keuntungan sedemikian besar.

Chairman menuturkan, apa yang bisa dipetik sebagai pelajaran dari sistem strategi dan pengembangan bisnis yang ditunjukkan Disney adalah bahwa setiap perusahaan yang dirancang sesuai kebutuhan pasar maka akan mendapatkan keuntungan yang sangat tinggi.Di dalam negeri sendiri, lanjut dia, perusahaan Go-Jek meskipun dianggap unicorn, namun pada tahun 2018 masih rugi besar.

“Tapi kenapa orang masih mau taruh uang di situ? Karena persepsi,” ungkapnya dalam Manager Forum XXXIX MNC Group di Jakarta Concert Hall, I News Tower.

Di bagian lain, Chairman mengatakan, dirinya sudah berkeliling ke sejumlah negara untuk menyampaikan strategi bisnis yang dikembangkan MNC di era sekarang ini. Dari sejumlah negara yang dikunjungi seperti Hong Kong dan Singapura antusiasme dunia usaha menurutnya cukup tinggi.

“Mau tahu berapa kenaikan saham MNC saat saya roadshow ke Singapura, Hong Kong? 30% lebih. Nanti setelah Lebaran saya akan roadshow lagi ke beberapa negara, kita liat nanti pergerakannya. Ini strategi yang perlu kita kembangkan,” pungkasnya.

Baca juga:  MNC Sky Vision Alokasikan Belanja Modal Rp400 Miliar

Dalam membangun organisasi atau perusahaan, lanjutnya, pekerjaan pertama yang harus diperhatikan adalah business model yang benar. Setelah itu, implementasi yang baik, tepat waktu dan cepat.

Pada forum tersebut, Chairman juga memberikan perspektif dan pemahaman kepada seluruh jajaran pimpinan MNC Group, mulai level Manager hingga Direksi tentang perkembangan MNC Group dan strategi ke depan, khususnya dalam menghadapi kompetisi yang kian intensif.

“Kita harus bisa menciptakan business model yang baik, tepat sasaran,” kata dia.

Menurutnya agar lebih kompetitif, maka dunia usaha harus bisa mengikuti perubahan ekosistem, khususnya di era digital seperti saat ini. “Kita harus mampu beradaptasi,” tuturnya.

MNC sendiri telah melakukan sejumlah terobosan di era digital ini. Antara lain dengan meluncurkan over the top (OTT) yang menyediakan streaming berbagai konten RCTI, MNCTV, GTV, iNews. Dengan OTT, masyarakat bisa menikmati berbagai konten MNC Group di mana saja, kapan saja.

Adapun, Chairwoman MNC Group Liliana Tanoesoedibjo mengatakan MNC sangat siap berkembang di dunia digital. “Kita melihat semua sudah lengkap dan kita punya platform yang baik,” ungkapnya.