Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Cegah Skimming, Distribusi Kartu MNC Bank Berteknologi Chip Capai 82 Persen

Foto: MNC Media

JAKARTA – MNC Bank telah menuntaskan distribusi kartu debit berteknologi chip per Juli 2020 sebanyak 82 persen. Padahal, MNC Bank menargetkan hingga akhir tahun sebesar 80 persen. Itu berarti, MNC Bank bekerja lebih cepat.

“Distribusi kartu debit MNC Bank yang menggunakan teknologi chip pada minggu pertama Juli 2020 telah tembus 82%. Artinya target akhir tahun 2020 sebesar 80% telah kami capai dalam waktu jauh lebih cepat,” kata Presiden Direktur MNC Bank Mahdan di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Sebagaimana diketahui, belakangan ini kita sering mendengar himbauan untuk segera mengganti kartu ATM atau debit dari yang berteknologi magnetic stripe menjadi kartu berbasis chip. Hal itu dikarenakan maraknya pembobolan ATM dengan modus penduplikasian kartu atau skimming.

Kartu berbasis chip semakin penting seiring berjalannya era normal baru yang meminimalisir penggunaan transaksi tunai. Hal ini kemudian menimbulkan kecemasan bagi banyak nasabah.

“Fase normal baru yang kita jalani, mengharuskan kita hidup lebih sehat. Untuk itu berbagai kebiasaan harus berubah, termasuk dalam bertransaksi,” kata Mahdan.

MNC Bank mendukung komitmen Bank Indonesia (BI), untuk tetap menjaga instrumen kanal pembayaran atau transaksi tetap aman digunakan masyarakat. Salah satu langkah yang dilakukan BI untuk mengantisipasi terjadinya skimming ialah dengan mendorong peralihan kartu debit berbasis magnetic stripe menjadi chip.

Baca juga:  4 Standing Ovation untuk Suara Soul yang Pecahkan Panggung TVI

Langkah tersebut diperkuat oleh surat edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP per 30 Desember 2015 yang menetapkan target setiap tahunnya hingga tahun 2022 untuk pencapaian distribusi kartu chip. Mahdan menjelaskan, bahwa pencapaian MNC Bank dalam pendistribusian kartu berteknologi chip hingga Juli 2020 merefleksikan keseriusan MNC Bank dalam mendukung inisatif pemerintah dan regulator. Selain itu, memberikan pengalaman perbankan yang memuaskan masyarakat melalui inovasi dan teknologi terkini.

Selain menggunakan teknologi chip, MNC Bank menawarkan dua jenis kartu debit sesuai kebutuhan masyarakat. Kartu Debit GPN MNC dapat dipakai di seluruh jaringan ATM dan Electronic Data Capture (EDC) GPN di Indonesia. Sedangkan Kartu Debit Mastercard MNC selain telah tergabung dalam jaringan GPN juga dapat dimanfaatkan di luar negeri.

“Selain menawarkan kartu debit chip untuk solusi transaksi non tunai, dalam waktu dekat MNC Bank akan meluncurkan aplikasi integrated banking solution. Hal tersebut sebagai langkah awal menuju perbankan digital, yang membuat transaksi semakin mudah, aman dan nyaman,” tutur Mahdan.