Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Cegah COVID-19 dengan Lima Menu Sarapan Ini

Foto: MNC Media

JAKARTA – Virus korona (COVID-19) kini menjadi wabah yang ditakuti umat manusia karena penyebarannya yang begitu cepat. Pada Kamis (19/3/2020), jumlah kasus positif virus korona di Indonesia telah mencapai 309 atau bertambah 82 orang dari sebelumnya 227.

Dikutip dari iNews, Rabu (18/3/2020) menyebutkan ada beberapa cara mudah untuk menjaga atau bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda agar terhindar dari virus korona. Salah satunya dengan makanan dan minuman yang Anda konsumsi di pagi hari.

Apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini.

1. Sarden dan makanan laut

Makanan-makanan laut seperti ikan, tiram, udang, kepiting membantu melindungi sistem kekebalan tubuh Anda dan mencegah kerusakan sel. Hal ini karena kandungan selenium yang baik, mineral dan antioksidan yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Selain makanan laut, kandungan selenium yang baik juga dapat ditemukan pada daging sapi, salmon, sarden, mackerel, tuna, biji chia dan biji bunga matahari.

2. Sup ayam

Tidak punya stok makanan laut atau sarden? Jangan khawatir, karena ada menu yang enak dan mudah sekaligus dapat meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu mengonsumsi sup ayam. Sebab, ayam adalah sumber protein, zat besi, zinc, dan vitamin B yang sangat baik.

Zinc sangat penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan virus. Belum lagi sayur-sayuran, dan kaldu pada sup yang dapat memperlambat migrasi darah putih ke saluran pernapasan atas dan menghilangkan gejala demam.

Baca juga:  MNC Play Dukung MNC Asset Management Bidik Generasi Milenial Berinvestasi Reksa Dana

3. Buah-buahan kaya vitamin C

Sarapan dengan buah-buahan, juga ide yang bagus. Terutama buah-buahan kaya vitamin C, karena itu adalah nutrisi penting lainnya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Buah-buahan bisa memenuhi itu, asalkan sesuai dengan persyaratan takaran. Misalnya, pria dewasa membutuhkan 90mg vitamin C per hari dan wanita membutuhkan 75mg.

4. Yoghurt

Campuran buah, gandum, dan yoghurt juga menjadi sarapan lezat yang membantu sistem kekebalan tubuh Anda. Sebab, mengonsumsi probiotik secara teratur atau sering disebut ‘bakteri baik’ yang ditemukan dalam yoghurt, dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda bekerja lebih baik. Selain itu, yoghurt juga dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda.

5. Jahe

Bukan rahasia umum jika jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jahe juga menjadi ramuan yang bekerja pada sistem paru-paru, memperkuat energi, meningkatkan vitalitas, dan meningkatkan nafsu makan. Anda bisa membuat jahe sebagai teman sarapan Anda.

Itulah makanan dan minuman yang sebaiknya Anda konsumsi pada saat sarapan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah virus korona. Update terus informasi Anda tentang bagaimana menjaga kesehatan dan mencegah COVID-19 di inews.id/tag/kesehatan.