Ketik pencarian Anda

MNC Peduli

Cegah Difteri, MNC Group – Perhimpunan Dokter Umum Indonesia Gelar Vaksinasi di Medan

JAKARTA – Sebagai bagian dari upaya mencegah mewabahnya penyakit difteri,Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI), RSBI (Rumah Sehat Baznas Indoesia) dan MNC Group menggelar bakti sosial kesehatan berupa pemberian vaksinasi difteri kepada 400 anak dan pemeriksaan kesehatan telinga di Klinik Mabar Medika Kecamatan Medan Deli, Kota Medan pada hari Minggu (28/1/2018).

Panitia acara Heri Sumarjono menerangkan, kegiatan bakti sosial ini merupakan penutup dari rangkaian event Temu Ilmiah Nasional dan Kongres Nasional III PDUI yang telah diselenggarakan di Hotel Aryaduta Medan 26-28 Januari 2018.

“Penyebaran wabah difteri meluas secara cepat di Indonesia. Penyakit ini berbahaya jadi kita harus melakukan pencegahan dini,” kata Heri.

Difteri adalah penyakit menular melalui batuk dan bersin ini diakibatkan oleh kuman Corynebacterium Diptheriae. Bakteri ini juga bisa mengeluarkan racun atau toksin yang bisa melumpuhkan otot jantung, dan saraf hingga menyebabkan kematian.

“Difteri bisa menyerang bayi, anak-anak, dan paling banyak balita dan usia sekolah serta remaja. Data Kementerian Kesehatan menunjukkan sampai November 2017, ada 95 Kabupaten dan Kota dari 20 provinsi melaporkan kasus Difteri,” lanjut Heri.

Sementara pada kurun waktu Oktober – November 2017, Kemenkes mencatat ada 11 provinsi yang melaporkan terjadinya kejadian luar biasa (KLB) difteri di wilayah Kabupaten dan Kotanya.

Dalam rentang waktu dari Januari hingga Desember 2017, kasus KLB difteri di Indonesia terhitung yang terbesar di dunia. Populasi penduduk di Indonesia yang menderita penyakit difteri disebut memang paling banyak jika dibandingkan negara yang pernah terjangkit wabah yang sama.

Baca juga:  Peduli Sesama, MNC Bank Gelar Bakti Sosial di 3 Panti

“Hampir dua pertiga yang terkena difteri karena belum pernah diimunisasi sama sekali, atau belum pernah diimunisasi DPT. Ini tak lain karena imunisasi di luar itu tak bisa cegah difteri,” pungkas Heri.*

 

Sumber: Okezone.com

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1