Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Cara Praktis, Pria Tampil dengan Wajah Menawan

Foto : Istimewa

JAKARTA – Rangkaian yang panjang dan banyaknya produk yang dipakai membuat para pria malas untuk merawat tubuh. Bahkan tak heran mereka menganggap perawatan wajah sebagai hal konyol dan tidak penting.

Padahal, dengan melakukan perawatan wajah yang sederhana, Anda tetap bisa memiliki wajah yang bersih, tidak kusam, dan tidak jerawatan. Ingat, sekarang bukan lagi zamannya “cowok mah nggak usah ngurus wajah!” Sebab, bagaimana pun kulit yang sehat menandakan kesehatan tubuh juga.

Nah, jika Anda merasa rangkaian skin care terlalu panjang dan ribet, Dokter Kecantikan Valentine punya sedikit saran untuk Anda. Menurut dia, poin pertama yang mesti diperhatikan ialah pria wajib yang namanya cuci muka dua kali sehari. Bahkan, kalau aktivitasnya teramat tinggi dan menyebabkan minyak di wajah berlebih, cuci muka setelah berkegiatan disarankan.

“Ya, tapi jangan terlalu sering juga karena malah akan membuat kulit wajah kering dan kalau sudah begini malah gampang kusam dan cepet muncul keriput. Jadi, tetap harus diperhatikan juga intensitas melakukan cuci mukanya,” katanya sebagaimana dikutip dari Okezone.com.

Selain cuci muka dengan sabun yang tepat, pria juga disarankan untuk menggunakan mouisturizer atau pelembap wajah. Ini agar wajah yang baru saja dibersihkan mendapatkan kembali kelembapannya yang sempat hilang karena pembersihan sebelumnya.

Dalam memilih pelembap wajah, ada yang mesti diperhatikan. Yaitu kondisi wajah. Apakah wajah Anda berminyak atau kering. Kalau wajah Anda berminyak, disarankan untuk memilih pelembap dengan water base. Sedangkan, untuk perawatan wajah dengan tipe kulit kering, sangat disarankan pilih pelembap oil base.

Baca juga:  Koki-Koki Cilik Sabet Film Terfavorit di Ajang IMA Awards 2019

“Kalau salah pilih pelembap, ini akan berdampak pada kondisi kulit Anda. Misalnya kulit wajah udah berminyak, terus pilih pelembap yang oil base, ya, malah akan memperburuk kondisi kulit. Selain kusam karena terlalu berminyak, jadi ladang bakteri penyebab jerawat juga tumbuh di sana,” sambungnya.

Nah, untuk tahap berikutnya ialah perlindungan. Di tahap ini, yang Anda butuhkan adalah tabir surya atau sunblock. Dokter yang akrab disapa Titin itu menyarankan jika Anda terpapar sinar matahari langsung, pilih sunblock dengan spf 30 ke atas. Tapi, kalau terhindar dari sinar matahari, sunblock spf 20 sudah cukup.

“Sama seperti pelembap, memilih sunblock juga harus berdasar pada kondisi kulit wajah. Selain itu, pemakaiannya itu setelah pakai pelembap wajah. Dia ini pelindung jadi harus dipakai di akhir. Kalau dipakai sebelum pelembap, khasiatnya jadi tidak maksimal lagi,” ujarnya menasihati.

Sebagai tambahan sekaligus optional, Titin menyarankan untuk lakukan scrubing yang dilakukan dua kali dalam seminggu. Perlu diperhatikan tektur scrub pilih yang lembut dan kalau bisa pilih produk sesuai dengan kondisi kulit. “Kalau memang lagi berjerawat, ya, pilih produk scrubing yang khusus untuk kulit berjerawat. Jangan keseringan, ya, nanti bikin kulit kering dan ini malah jadi masalah,” tambahnya.