Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Cara Mudah Tangan Tetap Mulus, Meski Sering Dicuci

Foto: Freepik

JAKARTA – Guna mencegah penularan virus corona (COVID-19), masyarakat diimbau untuk senantiasa mencuci tangan setelah melakukan aktivitas. Namun, keseringan mencuci tangan, baik itu menggunakan air dan sabun ataupun menggunakan hand sanitizer memang nyatanya membuat kulit tangan menjadi kering.

Disadur dari Okezone.com, Rabu (18/3/2020) Founder of Washington Square Dermatology, New York Dr Samer Jaber menyatakan, ketika kita mencuci tangan secara berlebihan, tangan jadi kering, inflamasi, dan gatal. Namun, jangan takut karena banyak cara sebetulnya yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit tangan jadi kasar karena kebiasaan mencuci tangan.

Pertama, kita bisa mengganti sabun pencuci tangan yang sebelumnya berpengharum dengan hand soap tanpa pengharum atau fragrance-free. Cara kedua ialah dengan selalu siap membawa pelembap saat beraktivitas.

Untuk pelembap tangan, Samer menyarankan, alih-alih lotion biasa sebaiknya yang dipakai sebagai krim pelembap adalah krim atau ointment khusus. Sebab, biasanya lotion konsistensinya lebih tipis dan seringnya mengandung alkohol.

“Lotion bagus, tapi krim atau ointment khusus lebih tebal. Hindari pelembap yang diberi wewangian, sebab biasanya mengandung bahan yang memicu iritasi,” ujar Samer.

Sementara itu, untuk kondisi kulit tangan yang cenderung gatal atau berdarah saat kering, direkomendasikan untuk mengolesi tangan memakai ointment khusus tersebut, lalu mengenakan sarung tangan katun putih sesaat sebelum tidur. Ketika dibawa tidur, keesokan paginya kulit akan terasa lebih halus dan serasa diremajakan.

Baca juga:  Fatih di Kampung Jawara 2: Fanya Hilang Diculik Manusia Serigala?

Tapi jika cara-cara di atas gagal, mungkin ini pertanda untuk Anda mengunjungi dokter kulit. Sehingga dokter kulit nantinya bisa meresepkan obat krim topikal atau krim non-steroid.

“Jika terus-terusan iritasi dan gatal sampai sangat mengganggu maka segera kunjungi dokter kulit. Tidak ada alasan untuk tidak periksa ke dokter, ke dokter kulit kan mudah,” tegas Samer.

Jaga terus kondisi badan Anda agar terhindar dari virus korona dan jangan lupa update juga informasinya di okezone.com/tag/kulit-kering.