Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Cara Jitu Bagi Pria, Tetap Prima Saat Berpuasa

Foto : ZAP

JAKARTA – Saat asupan nutrisi dan vitamin yang masuk ke dalam tubuh dibatasi, pria perlu memikirkan alternatif penambah stamina agar pekerjaan dan ibadah tetap berjalan lancar. Jangan sampai stamina terkuras dan mengganggu ibadah puasa.

Menurut Head of Medical and Training ZAP Clinic Dara Ayuningtyas, ada beberapa cara yang bisa ditempuh bagi para pria untuk tetap menjaga stamina di bulan puasa, di antaranya:

1. Tetap Berolahraga

Aktivitas fisik justru dapat membantu mengubah cadangan lemak menjadi energi sehingga membantu mengurangi rasa lesu dan kantuk. Namun, yang harus perlu perhatikan adalah hindari olahraga dengan intensitas tinggi, sebaliknya pilih olahraga seperti kardio ringan atau latihan beban. Hal itu bertujuan agar energi yang terbakar dapat langsung diganti, lakukan olahraga setengah atau satu jam sebelum berbuka puasa.

2. Konsumsi Lemak Baik

Mengonsumsi lemak bukan pantangan, lho. Namun pastikan lemak yang masuk ke dalam tubuh adalah lemak baik yang dapat membantu menstabilkan hormon leptin alias pengendali rasa lapar. Lemak baik seperti omega tiga banyak terkandung pada minyak ikan, kacang-kacangan, atau virgin coconut oil.

3. Injeksi Vitamin

Perawatan ini dapat menghilangkan keluhan pegal-pegal, flu atau kondisi tubuh yang kurang sehat. Dengan kandungan vitamin dalam tubuh yang cukup, energi untuk menjalani ibadah puasa dapat lebih maksimal.

Itulah beberapa tips jitu menjaga stamina khususnya untuk para kaum adam agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.