Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Bolehkah Anak Sebelum Usia 2 Tahun Konsumsi Sayuran?

JAKARTA – Pertanyaan ini sudah sering menjadi perdebatan di kalangan masyarakat terutama para ibu-ibu muda. Bahkan di media sosial banyak beredar perbincangan tentang anak yang diberi makan sayuran.

Dilansir dari iNews.id, dr Damayanti Rusli, pakar penyakit nutrisi dan metabolik, menyatakan tidak ada larangan orang tua memberikan anaknya makanan sayur. Hanya saja, makanan tersebut diberikan bukan untuk penambah nutrisi pada anak, tapi sifatnya lebih kepada hanya untuk pengenalan pada anak.

Di sisi lain, para ibu yang telah menyusui selama enam bulan, kandungan seperti protein, energi, dan zat besi akan berkurang kandungannya.
“Protein turun sekitar 25 persen, energi turun 35 persen, dan zat besi turun hampir 0 persen, makanya harus diganti dengan makanan,” ujar dr Damayanti Rusli saat menghadiri acara Hari Anak Nasional (HAN) di Jakarta Selasa, 31 Juli 2018.

Makanan pendamping ASI juga harus diberikan orang tua pada anak. Namun, perlu diperhatikan nutrisi pada makanan, seperti protein hewani yang baik untuk pertumbuhan sang anak.

Dia pun juga menggarisbawahi bahwa makanan yang baik untuk anak baru lahir adalah tetap air susu ibu (ASI). Ini senada dengan para ahli lainnya yang sepakat bahwa ASI menjadi makanan utama yang harus diberikan oleh orangtua kepada anaknya.*

Tags: