Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

BMKG: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Kilat Berpotensi Guyur Jakarta hingga Akhir Pekan

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat masih akan membayangi wilayah DKI Jakarta selama sepekan ini atau setidaknya hingga Jumat 9 Februari 2018. Tak hanya di Ibu Kota, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi juga mengalami keadaan cuaca serupa.

“Jabodetabek termasuk dalam wilayah dengan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir, warga harus mewaspadai ini,” ujar Kepala Bagian Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko saat dihubungi Okezone, Kamis (8/2/2018).

Tidak hanya Jabodetabek, sejumlah wilayah di Pulau Jawa juga masih berpotensi turun hujan lebat hingga akhir pekan ini.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan potensi hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi hingga Maret 2018 di sejumlah wilayah Tanah Air.

Dwikorita menjelaskan, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) memasuki puncak musim hujan. Begitu juga dengan sejumlah daerah lain yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat hingga sepekan ke depan.

Kemudian juga di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua, dan Papua Barat.

Ia menerangkan, kondisi tersebut terlihat dari dominasi angin baratan yang cukup kuat sejak Januari 2018. Selain potensi hujan lebat, angin kencang lebih dari 20 knot juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia yang meliputi Laut China Selatan, Laut Natuna, Riau, Kepulauan Riau, Laut Jawa, Laut Banda, Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Laut Arafuru.

Baca juga:  VIRAL! Rumah Kurcaci di Kabupaten Agam

Potensi angin kencang tersebut berdampak pada peningkatan gelombang laut dengan tinggi gelombang mencapai 2,5–6 meter di Perairan Utara Kepulauan Anambas, Natuna, Perairan Utara Singkawang, Laut China Selatan, dan Laut Natuna Utara.

Dwikorita menerangkan, BMKG bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga selalu mewaspadai potensi terjadinya genangan, banjir, dan tanah longsor. Ia juga mengingatkan bagi warga yang tinggal di wilayah pesisir untuk mewaspadai kenaikan tinggi gelombang yang disertai angin kencang.

“Waspada hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon tumbang serta tidak berlindung di bawah pohon ketika terjadi hujan disertai petir,” imbaunya.

(han)

Sumber: Okezone.com

Tags: