Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Bersepeda dan Jogging, Olahraga Ringan Saat Puasa

JAKARTA – Pada saat berpuasa, umumnya terdapat perubahan kebiasaan atau aktivitas dibandingkan hari-hari biasanya. Padahal, puasa seharusnya tidak menghalangi rutinitas, termasuk bagi mereka yang senang berolahraga.

Demi menjaga kesehatan, olahraga tetap penting untuk dilakukan saat bulan puasa. Meskipun kebanyakan orang memilih untuk rehat sejenak dari latihan-latihan berat.

Alih-alih sama sekali tidak berlatih fisik, sebaiknya kita tetap berolahraga dengan menurunkan intensitas alias memilih jenis olahraga yang ringan. Anda bisa menjatuhkan pilihan ke bersepeda dan jogging.

Tentunya, olahraga ini dilakukan di waktu yang tepat, misalnya beberapa jam setelah sahur dan salat subuh, atau di sore hari menjelang berbuka puasa.

Bersepeda misalnya, bermanfaat menjaga tubuh Anda agar tidak mudah lesu. Selain itu, aktivitas menyenangkan ini juga tidak terlalu membutuhkan energi yang besar jika dilakukan dengan intensitas ringan.

Jadi, Anda tetap perlu mempertimbangkan kondisi tubuh Anda. Kabarnya, bersepeda selama lebih kurang 45 menit bisa membakar sekira 300 kalori untuk perempuan dan 350 kalori untuk pria.

Olahraga lainnya yakni jogging atau treadmill. Kedengarannya memang berat tapi Anda bisa mengatur durasi maupun kecepatan geraknya agar terhindar dari dehidrasi. Anda bisa melakukan olahraga ini di pagi hari atau sore hari.

Jogging ringan juga bisa Anda lakukan selama 20-30 menit, tetapi harap diingat dengan intensitas yang ringan agar Anda tidak mengalami masalah kesehatan.

Baca juga:  5 Cara Ini Bantu Anda Tetap Terlihat Cantik saat Hamil

Jadi, berpuasa bukan halangan untuk berolahraga. Aktivitas fisik dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar dalam menjalani keseharian Anda. Dan, jangan lupa imbangi olahraga dengan asupan nutrisi yang tepat saat sahur dan berbuka.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1