Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Berburu Pekerjaan Lewat Website, Ikuti 5 Saran Praktis Ini

Apakah Anda saat ini sedang ingin berganti tempat kerja dan mencari pekerjaan baru? Jika ya, maka website penyedia informasi lowongan kerja dapat membantu Anda karena praktis, tidak butuh waktu banyak, dan dapat dilakukan tanpa harus beranjak dari kursi Anda.

Dengan tetap fokus, Anda dapat menjelajah beragam perusahaan yang membutuhkan pekerja baru dan menawarkan posisi-posisi yang sekiranya sesuai dengan latar belakang dan minat.

Untuk memperlancar ‘perburuan’ Anda, berikut ini tips yang dilansir dari thebalance.com. Dengan melakukan tahapan demi tahapan yang disarankan, semoga pekerjaan impian dapat Anda dapatkan.

  1. Buat daftar situs pencari pekerjaan terbaik

Ada ribuan situs kerja di web, tapi situs pencari kerja terbaik memiliki alat pencarian yang cepat dan mudah digunakan berdasarkan jenis pekerjaan yang Anda cari, lokasi Anda , dan kriteria lainnya. Ada juga situs yang berfokus pada beberapa jenis posisi atau mencocokkan Anda dengan atasan.  Selain itu, jangan membatasi diri hanya pada satu situs kerja, karena setiap situs kerja hanya mencantumkan pekerjaan dari situs web atau perusahaan tertentu.

  1. Fokus pada pencarian pekerjaan Anda

Gunakan mesin pencari kerja untuk mencari pekerjaan dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan minat dan lokasi di mana Anda ingin bekerja. Mempersempit kriteria pencarian Anda akan membantu Anda memfokuskan pencarian pekerjaan Anda dan akan memberi daftar pekerjaan yang lebih relevan untuk ditinjau dan daftar pekerjaan yang tidak relevan lebih sedikit. Gunakan opsi penelusuran lanjutan untuk menelusuri lokasi yang ingin Anda tempatkan dan posisi spesifik yang Anda minati.

  1. Terhubung dengan kontak Anda
Baca juga:  VIRAL! Demi Temui Anaknya, Kakek Ini Rela Bersepeda dari Pulau Jawa ke Sumatera

Sekarang Anda telah membuat profil di situs jaringan, mulailah menggunakannya. Hubungkan dengan semua orang yang Anda kenal, karena Anda tidak pernah tahu kontak mana yang dapat membantu pencarian pekerjaan Anda. Menurut survey Biro Statistik Tenaga Kerja AS, 70% dari semua pekerjaan ditemukan melalui jaringan. Karena jaringan merupakan salah satu komponen terpenting dalam pencarian pekerjaan sebenarnya. Meski riset itu di Amerika, sepertinya juga berlaku di negara lain termasuk Indonesia.

  1. Buatlah daftar perusahaan yang Anda sukai untuk berkerja

Apakah Anda memiliki daftar perusahaan tempat Anda ingin bekerja? Jika Anda melakukannya, gunakan internet untuk menemukan informasi tentang perusahaan, tinjau kembali posisi terbuka, dan temukan koneksi untuk membantu Anda melamar pekerjaan dan mendapatkan tawaran pekerjaan. Semua informasi yang Anda butuhkan tersedia di situs web, dan mudah untuk menemukan informasi rinci tentang perusahaan yang Anda inginkan secara online.

  1. Gunakan Aplikasi dan Alat Cari Pekerjaan

Jika Anda termasuk orang yang sangat sibuk, tidak punya banyak waktu untuk mencari pekerjaan dan anda tidak ingin terjebak didepan komputer saja untuk mencari pekerjaan. Ada berbagai aplikasi, widget, gadget, dan alat yang akan membantu Anda mempercepat pencarian pekerjaan dan mengelola karir Anda. Gunakan mereka untuk mengatur pencarian pekerjaan Anda dan menghemat waktu pencarian pekerjaan yang berharga.

  1. Jelajahi website perusahaan

Kelompok bisnis skala besar biasanya memiliki kanal khusus lowongan kerja atau bahkan website tersendiri yang menyajikan informasi pekerjaan. Sering-seringlah mengunjungi website tersebut karena unit-unit yang membutuhkan karyawan juga terus diperbarui sesuai dinamika perusahaan.

Baca juga:  Tiga Makanan Sehat Atasi Kesemutan dan Cepat Lelah

Salah satu kelompok usaha yang memiliki website seperti itu adalah MNC Group dengan laman www.jobsmnc.co.id. Anda dapat melakukan registrasi dengan mudah dan gratis serta melakukan login untuk mengakses lebih lanjut.

 

Salam sukses!

Tags: