Ketik pencarian Anda

Editor's Choice MNC Media MNC Terkini

Baterai Smartphone Awet Saat Mati Listrik, Ini Caranya

Foto : Instagram

JAKARTA – Listrik padam yang melanda wilayah Jabotabek dan Jawa Barat sejak Minggu (4/ Agustus 2019) siang, membuat akitivitas warga terganggu. Banyak di antara mereka tidak dapat berkomunikasi karena baterai smartphone habis.

Apalagi, baterai merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah smartphone. Sebab, tanpa baterai, smartphone tidak akan bisa hidup, begitu pula jika baterainya habis meskipun kapasitasnya besar.

Untuk menghindari baterai smartphone yang cepat habis, pengguna pun bisa melakukan berbagai cara, dari menyetop aplikasi yang boros baterai hingga penggunaan aplikasi yang bebas iklan.

Berikut tips menghemat baterai smartphone yang dihimpun iNews.id dari berbagai sumber:

1. Matikan Aplikasi yang tidak digunakan

Dalam keadaan mati listrik, sebaiknya nonaktifkan penggunaan aplikasi-aplikasi smartphone yang tidak digunakan. Ini agar daya baterai tidak terbuang sia-sia.

2. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Jika masih ingin menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu untuk menghilangkan rasa bosan saat mati listrik, coba gunakan aplikasi versi Lite yang membutuhkan baterai dan data lebih sedikit. Saat ini, sudah ada banyak aplikasi yang lebih ringan, seperti Twitter Lite, YouTube Go, Facebook Lite, Line Lite dan lainnya.

3. Atur Kecerahan Layar

Saat listrik mati, disarankan kecerahan layar (brightness) smartphone dikontrol. Ini karena tingkat kecerahan smparthone memakan energi baterai yang cukup besar.

4. Persingkat Waktu Mengunci Layar

Baca juga:  Genap 2 Tahun, The F Thing Luncurkan Project Fashion Inspiratif

Layar merupakan bagian smartphone yang paling banyak menggunakan daya. Untuk itu, semakin cepat layar terkunci dan tidak menyala daya baterai juga akanlebih awet. Atur waktu kunci layar menjadi sesingkat mungkin, misalnya 15 detik.

5. Gunakanlah WiFi

Dalam menggunakan Internet, diusahakan menggunakan WiFi. Penggunaan WiFi hanya akan menyedot power smartphone saat WiFi dihidupkan. Sementara saat menggunakan data, meski smarphone sedang disimpan, daya baterai akan terus bekerja.

6. Gunakan Mode Power Saving

Cara paling mudah untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan mangaktifkan mode Power Saving. Mode ini bisa membatasi kinerja prosesor dan menurunkan tingkat kecerahan layar di smartphone, sehingga tenaga yang tersisa di baterai difokuskan untuk fungsi-fungsi yang penting saja.

7. Aktifkan Airplane Mode

Listrik mati juga berimbas pada koneksi seluler dan data. Untuk menjaga baterai smartphone tetap hemat, aktifkan Airplane Mode atau matikan koneksi data agar smartphone tidak terus mencoba mencari jaringan dan menguras baterai.

Selamat mencoba!