Ketik pencarian Anda

MNC Peduli

Bantu Penderita Gangguan Jiwa, Jamiin Mendapat Ambulans dari MNC Group

JAKARTA – MNC Group memberikan bantuan berupa satu unit ambulans kepada Yayasan Penuh Warna yang didirikan oleh Jamiin. Sejak 18 tahun lalu, Jamiin telah merawat 4.000 penderita gangguan jiwa.

Jamiin mulai mengabdikan dirinya membantu menyembuhkan penderita gangguan kejiwaan sejak tahun 2000 yang dimulainya dari rumah ke rumah. Biaya pengobatan dia kumpulkan dari hasil berkebun dan warung makan miliknya. Kemudian barulah dia membangun Yayasan Penuh Warna Griya Cinta Kasih yang berada di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogorot, Jombang, Jawa Timur.

Faktor ekonomi, diakuinya sebagai salah satu penyebab utama gangguan kejiwaan. Selain Jombang, Jamiin merawat penderita gangguan kejiwaan dari Nganjuk dan beberapa daerah lainnya di Jawa Timur.

Tidak hanya dirawat, mereka juga diberi keterampilan dengan pelatihan-pelatihan sehingga ketika kembali kepada masyarakat bisa mandiri. “Di tempat kami diajarkan bekerja, jadi begitu sembuh bisa menghidupi dirinya sendiri. Bisa diterima masyarakat,” kata Jamiin.

Peraih gelar Pahlawan untuk Indonesia kategori Kesehatan pada tahun 2015 oleh MNC Group itu merawat para penderita gangguan jiwa seperti keluarga sendiri. Di rumah yang berdiri di atas tanah pribadinya seluas 6.500 meter persegi, Jamiin dengan tulus merawat mereka mulai dari memandikan, memberi makan, hingga melakukan terapi dengan kegiatan-kegiatan keagamaan.

Pada waktu senggang, Jamiin mendekati para anak asuhnya ini untuk sekadar mengajak mengobrol atau mencurahkan isi hati. Jamiin mengaku proses terapi yang dilakukannya tidak dengan obat-obatan atau terapi pada umumnya, tetapi dengan melakukan pendekatan psikologis. Pasien yang sudah bisa berkomunikasi diberi kegiatan positif, seperti kerja bangunan, berkebun, dan sejumlah kegiatan sosial lainnya.

Baca juga:  MNC Peduli Salurkan Bantuan di Empat Titik Jabodetabek

“Dengan adanya ambulans baru pemberian MNC Group ini pastinya akan sangat membantu operasional yayasan dan untuk pasien yang dijangkau akan semakin luas areanya,” kata Jamiin sambil terharu.

Ia pun bersyukur atas kepedulian yang ditunjukkan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan MNC Group. “Saya sangat berterima kasih kepada Pak Hary Tanoe yang sudah membantu saudara-saudara kami yang kurang beruntung di Jombang, saya mengharapkan Pak Hary Tanoe bisa hadir ke tempat saya,” tuturnya.

Pemberian sumbangan ambulans tersebut merupakan komitmen MNC Group dalam tanggung jawab sosialnya terhadap pemberdayaan masyarakat. MNC Group berharap akan tumbuh jiwa-jiwa sosial lainnya seperti Jamiin asal Jombang yang merupakan salah satu tokoh dari program Pahlawan untuk Indonesia.

Program penghargaan Pahlawan untuk Indonesia merupakan ajang yang diselenggarakan MNC Media untuk memberikan penghargaan kepada sosok-sosok yang berdedikasi tinggi, inovatif, dan melaksanakan kegiatan inspiratif yang bermanfaat bagi masyarakat.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1